Alat pemadam api ringan merupakan alat pemadam kebakaran yang membutuhkan perhatian khusus. Mulai dari perawatan komponen seperti nozzle sampai ke media APAR. Semua elemen penunjang APAR tersebut harus dirawat dengan baik supaya APAR bisa bekerja maksimal. Tak terkecuali tekanan APAR yang harus sesuai dengan standar tekanan APAR.

Tekanan pada tabung APAR sangat krusial, karena hal inilah yang akan membawa media dari tabung alat pemadam api keluar. Jika tekanan tidak normal, maka dikhawatirkan akan berpengaruh pada kinerja alat pemadam api ringan. Maka dari itu, kali ini akan dibagikan pada para pembaca artikel tentang standar tekanan APAR.

 

Standar Tekanan APAR Normal, Bagaimana Mengetahuinya?

Ada dua sistem tekanan yang digunakan pada APAR yaitu stored pressure dan cartridge. Untuk mengecek tekananĀ  pada cartridge, para pembaca perlu melihat ulir yang ada pada leher tabung APAR. Jika segel pada leher tabung APAR masih terpasang seperti saat pertama kali APAR dibeli/diisi ulang, maka tekanannya bisa dipastikan masih normal.

Standar Tekanan APAR Normal, Bagaimana Mengetahuinya?

Lalu untuk sistem stored pressure, pengecekan bisa dilakukan dengan melihat pressure gauge yang ada di dekat tuas APAR. Lihat jarum manometer yang ada pada pressure gauge, jika jarum masih ada di zona hijau (15-20), dapat dipastikan tekanan pada APAR tersebut masih normal.

 

Standar Tekanan APAR Tidak Normal, Apa Sebabnya?

Tekanan APAR yang tidak sesuai standar bisa diakibatkan dari dua aspek, yaitu komponen yang rusak dan human error. Biasanya komponen rusak seperti badan tabung mulai keropos, atau usia tabung yang sudah telalu lama dapat mempengaruhi tekanan pada APAR berkurang. Komponen lain seperti seal yang beda merk dengan APAR juga bisa menyebabkan masalah ini.

Untuk faktor human error, tekanan APAR yang tidak sesuai standar bisa diakibatkan teknisi yang mengisi ulang media dan tekanan APAR tidak teliti dengan mengisinya tidak sesuai standar. Aspek human error lainnya bisa terjadi karena pemilik APAR sering memainkan APAR, sehingga ada beberapa komponen yang ditekan secara tidak sengaja, seperti komponen tuas maupun safety pin, yang akan menyebabkan tekanan APAR berkurang.

Standar Tekanan APAR Tidak Normal, Apa Sebabnya?

Dengan sangat pentingnya tekanan pada APAR, maka dari itu inspeski APAR sangat penting untuk menjaga tekanan APAR tetap normal. Lalu menjadwalkan service rutin juga isi ulang tekanan dan media APAR juga tidak boleh sembarangan, harus dipercayakan pada distributor dengan teknisi yang terpercaya agar tidak terjadi human error.

Recommended Posts

Leave a Comment