Standar penempatan APAR yang ada dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No : PER.04/MEN/1980 Tentang Syarat-syarat Pemasangan dan Pemeliharaan Alat Pemadam Api Ringan haruslah dilakukan dengan seksama. Lalu, apa tips dan trik yang tepat dalam penempatan APAR? Yuk cek rangkuman info seputar standar penempatan APAR di bawah ini!

Ikuti Standar Penempatan APAR, Biar APAR Ga Bermasalah!

Dalam Permen tentang APAR ada poin-poin penting yang coba kami ringkas untuk para pembaca. Poin-poin tersebut jika diikuti akan menghindarkan APAR milik para pembaca dari kerusakan karena salah menyimpan atau meletakkan APAR. Poin-poinnya adalah sebagai berikut:

  • Tempatkan APAR pada area yang bebas halangan dan mudah dijangkau terutama di saat darurat.
  • Pasang tanda APAR tepat di atas tempat APAR diletakkan.
  • Pasang APAR minimal 15 cm di atas lantai atau idealnya 125 cm dari atas lantai.
  • Jarak APAR satu dengan lainnya adalah 15 meter, aatu dapat disesuaikan dengan saran dari ahli K3.

Standar Penempatan APAR Biar APAR Ga Rusak

Nah, poin-poin di atas harus para pembaca ikuti dengan baik. Supaya APAR selalu dalam kondisi baik saat akan digunakan, karena disimpan dengan baik.

Standar Penempatan APAR Outdoor: Harus Disimpan dalam Box APAR!

Satu lagi hal penting yang harus diperhatikan para pembaca untuk menjaga APAR yang diletakan di luar ruangan (outdoor). Selain mengikuti poin-poin standar penempatan APAR, para pembaca juga harus menyimpan APAR tersebut di dalam box APAR. Box APAR berfungsi untuk melindungi APAR dari gangguan cuaca di luar ruangan yang dapat merusak APAR.

Standar Penempatan APAR Outdoor Harus Disimpan dalam Box APAR

Jika paparan cuaca ekstreme tidak dicegah dan langsung mengenai APAR, maka tak ayal jika komponen APAR, terutama tabung APAR akan mengalami korosif dan rusak. Selain itu, media di dalam APAR pun bisa kadaluarsa lebih cepat maupun menggumpal, dan yang paling fatal APAR tidak akan mau berfungsi saat digunakan karena rusak. Maka dari itu, kami sangat menyarankan jika APAR milik para pembaca ada di luar ruangan (outdoor) harus dilengkapi dengan box APAR.

Inspeksi APAR Berkala Tak Kalah Penting Dibanding Standar Penempatan APAR

Selain menyimpan APAR sesuai standar penempatan APAR, ada hal lain yang juga dilakukan untuk menjaga APAR dalam kondisi baik, yaitu dengan inspeksi berkala. Di era modern ini, para pembaca bisa melakukan inspeksi APAR dengan cara modern, yaitu dengan aplikasi APAR Firecek.

Aplikasi ini akan membantu para pembaca untuk menjadwalkan pengecekan APAR, menyimpan hasil inspeksi dan juga memanage APAR secara digital. Jadi semua data APAR akan tersimpan rapi dan para pembaca tidak akan kelupaan melakukan inspeksi, karena akan diingatkan notifikasi yang muncul dari aplikasi ini.

Dengan semakin dimudahkannya merawat APAR, maka jangan biarkan APAR para pembaca tidak terawat. Simpanlah APAR sesuai standar penempatan APAR dan install aplikasi APAR, lalu lakukan inspeski bulanan. Jika masih ada pertanyaan seputar perawatan APAR para pembaca bisa menghubungi kami!

Standar Penempatan APAR dan Aplikasi APAR Firecek

Recommended Posts

Leave a Comment