In alat pemadam api

Sebuah gedung yang memiliki alat pemadam api ringan (APAR), belum tentu mendapatkan proteksi dari alat pemadam tersebut. Hal ini bisa terjadi, jika para penghuni gedung tersebut belum pernah mendapat pelatihan penggunaan APAR. Maka dari itu, pada artikel kali ini akan disajikan SOP pelatihan penggunaan APAR bagi para pembaca.

SOP pelatihan penggunaan APAR biasanya meliputi pengenalan akan kelas kebakaran, pengenalan komponen APAR dan media APAR. Setelah itu, baru melakukan praktik cara menggunakan APAR yang benar. Dengan mendapatkan SOP pelatihan APAR, diharap para pembaca bisa menggunakan APAR dengan maksimal untuk memadamkan api.

 

SOP Pelatihan Penggunaan APAR Sebelum Praktik Langsung

Sebelum melakukan pelatihan dan praktik langsung penggunaan APAR, para pembaca sebaiknya mendapat pembekalan dahulu mengenai seluk-beluk APAR dan kebakaran. Pembekalan bisa dimulai dengan pengenalan akan teori segitiga api. Dengan mendapat teori ini para pembaca bisa tahu bagaimana api penyebab kebakaran terjadi.

SOP Pelatihan Penggunaan APAR Sebelum Praktiknya Langsung

Setelah itu, para pembaca akan mendapatkan pembekalan mengenai komponen-komponen yang ada pada APAR. Seperti valve, hose, nozzle, safety pin, tabung dan komponen lainnya. Dengan mengetahui komponen-komponen APAR, para pembaca diharap bisa melakukan pengecekan ringan sebelum menggunakan APAR kelak.

Barulah para pembaca dibekali informasi mengenai media pemadam api. Pengenalan akan media pemadam api sangatlah penting, karena ini berkaitan dengan kelas kebakaran yang akan dipadamkan. Jika salah menggunakan media, bisa saja api sulit padam atau bahkan bisa jadi semakin membesar.

 

SOP Pelatihan Penggunaan APAR dan Praktiknya

Setelah para pembaca mendapat pembekalan mengenai seluk-beluk APAR dan kebakaran, nah sekarang saatnya untuk mencoba langsung menggunakan APAR. Saat menggunakan APAR, hal yang harus selalu diingat adalah semboyan PASS (Pull, Aim, Squeze, Sweep) yang penjabarannya adalah sebagai berikut:

  • Pull, berarti menarik safety pin pada APAR
  • Aim,┬áberarti mengarahkan ujung selang atau nozzle ke sumber api
  • Squeeze,┬áberarti menekan tuas APAR untuk mengeluarkan media dari dalam tabung APAR
  • Sweep, berarti mengarahkan ujung selang dari kiri ke kanan (atau sebaliknya) saat media keluar, untuk memadamkan api

SOP Pelatihan Penggunaan APAR dan Praktiknya

Hal lain yang perlu diperhatikan saat menggunakan APAR adalah arah angin. Hal tersebut sangat penting, karena akan mempengaruhi penyemprotan media pada sumber api. Jangan sampai arah angin justru membalikan media yang sedang disemprotkan dan pemadaman api menjadi tidak maksimal.

Dengan sangat pentingnya pelatihan APAR, para pembaca harus mendapat pendampingan dari trainer profesional. Trainer APAR profesional akan membantu para pembaca untuk mendalami cara menggunakan APAR dan menangani kebakaran dengan benar dan aman.

Recommended Posts

Leave a Comment