Lini Masa Sejarah Alat Pemadam Kebakaran

Dari masa ke masa sistem pemadam kebakaran menjadi semakin baik. Sejarah alat pemadam kebakaranpun cukup panjang. Mulai dari sistem yang paling sederhana sampai ke sistem yang cukup komplek dengan menggunakan bermacam media pemadam kebakaran.

Dengan semakin bertambahnya kebutuhan akan alat pemadam kebakaran, model dan spesifikasinyapun mulai beragam. Bahkan banyak negara dengan otoritasnya mulai memberikan peraturan-peraturan standar akan alat pemadam kebakaran. Namun, sebelum membahas lebih dalam tentang hal tersebut, ada baiknya pembaca menyimak sejarah alat pemadam kebakaran di bawah ini terlebih dahulu.

Sejarah Alat Pemadam Kebakaran di Tahun 200 Sebelum Masehi

Alat pemadam kebakaran pada masa ini dibawa dari Alexandria. Alat ini dirancang untuk memudahkan masyarakat di sana dalam upaya memadamkan api jika terjadi kebakaran. Pada masa ini, alat pemadam kebakaran hanya menggunakan pompa tangan yang fungsinya untuk meringankan beban dari sulitnya membawa ember untuk memadamkan api.

 

Sejarah Alat Pemadam Kebakaran pada Pertengahan Abad 15

Sejarah Alat Pemadam Kebakaran pada Pertengahan Abad 15

Pada era ini alat pemadam kebakaran sudah mulai cukup canggih dengan sistem penyemprotan. Sistem penyemprotan ini dilakukan dengan menggunakan pompa yang mirip pompa sepeda. Alat ini pertama kali digunakan pada tahun 1666 saat terjadi kebakaran besar di London, sejak itulah alat ini mulai dikenal.

Di tahun 1818, seorang kapten bernama George Manby menciptakan alat pemadam api ringan dengan versi modern untuk pertama kalinya. Alat ini dirancang dengan kapal tembaga yang bisa menyemprotkan kalium karbonat dengan bantuan kompresi udara.

Tahun 1912 alat pemadam kebakaran mulai diproduksi secara masal menggunakan media karbon tetraklorida. Alat pemadam kebakaran ini dianggap tepat guna untuk menanggulangi kebakaran yang disebabkan cairan dan eletrikal. Alat kebakaran ini dulu sangat luas digunakan, namun sekarang penggunaannya sudah dihentikan.

Penghentian penggunaan karbon tetraklorida disebabkan karena bahan kimia ini sangat beracun dan berbahaya jika digunakan di ruangan yang kecil dan sempit. Sudah banyak korban jiwa diakibatkan oleh penggunaan media pemadam ini.

 

Sejarah Alat Pemadam Kebakaran pada Abad Ke 20

Sejarah Alat Pemadam Kebakaran di Abad 20

Pada abad ke 20 ini, alat pemadam kebakaran mulai banyak variasinya dan dibuat secara modern dan masal. Alat pemadam kebakaran pada era ini pun sudah dirancang dengan pompa bertekanan kuat. Dengan menggunakan tekanan yang kuat, upaya pemadaman bisa dipercepat dan maksimal.

Itulah, rangkuman sejarah dari alat pemadam kebakaran, diharap para pembaca bisa mendapat manfaat dari membaca sejarah pemada kebakaran tersebut. Dan jangan lupa untuk tetap meng-update informasi seputar alat pemadam kebakaran juga merawat alat pemadam kebakaran milik para pembaca dengan bantuan dari FIRECEK.

Leave a Comment