In alat pemadam api

Apakah kamu sudah tahu bagaimana prosedur penggunaan APAR? Jika belum, maka sangat penting untuk mempelajari cara menggunakan APAR. Tujuannya agar kamu bisa memadamkan api kebakaran dengan mudah dan aman. Lalu, bagaimana langkah-langkah  penggunaan APAR yang benar? Yuk, simak penjelasannya!

Kenali Prinsip Kerja Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

prosedur penggunaan apar yang benar

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) merupakan fire protection yang digunakan untuk mengendalikan dan memadamkan api kebakaran kecil. Melihat fungsinya tersebut, maka alat ini sebaiknya tersedia di semua gedung atau bangunan. Selain itu, setiap orang juga harus mengetahui bagaimana prosedur penggunaan APAR yang benar dan aman.

Sebelum mempelajari bagaimana cara menggunakan APAR, kamu harus mengenal apa itu api dan bagaimana api dapat terbentuk. Menurut teori segitiga api, api terbentuk karena reaksi dari tiga unsur pembentuk api. Unsur-unsur pembentuk api tersebut adalah sebagai berikut:

  • Bahan bakar
  • Oksigen (O2)
  • Sumber panas

Teori segitiga api: api terbentuk saat ada bahan bakar, oksigen, dan sumber panas yang saling bereaksi. Jika salah satu unsur tersebut dihilangkan, maka api akan padam.

Itulah yang menjadi prinsip dasar pemadaman api menggunakan APAR. Saat media pemadam api disemprotkan ke api, maka media APAR tersebut akan mengurangi atau menghilangkan salah satu unsur pembentuk api, sehingga api bisa dipadamkan.

4 Prosedur Penggunaan APAR yang Benar dan Aman

prosedur penggunaan apar dengan teknik pass

Setelah mengetahui bagaimana prinsip kerja alat pemadam api, kini saatnya untuk mempelajari bagaimana prosedur penggunaan APAR dengan benar dan aman. Prosedur penggunaan APAR dikenal dengan istilah teknik PASS yang merupakan singkatan dari Pull, Aim, Squeeze, Sweep

Bagaimana cara menggunakan APAR dengan teknik PASS? Berikut tutorial menggunakan APAR secara lengkap.

1. Pull

Prosedur penggunaan APAR yang pertama yaitu tarik safety pin atau pin pengaman pada APAR. Ingat, saat menarik pin pengaman tersebut, jangan sampai menekan tuas atas dan bawah secara bersamaan. Pasalnya, hal ini bisa membuat pin pengaman sulit dilepas.

2. Aim

Pegang ujung selang APAR, kemudian arahkan dengan tepat ke sumber api. Ada aspek penting dalam prosedur penggunaan APAR yang satu ini, yaitu hindari memegang selang pada bagian tengah atau pengkalnya. Pasalnya hal ini bisa membuat media pemadam api tidak terarah dengan tepat ke titik api. 

3. Squeeze

Tekan tuas APAR secara penuh untuk mengeluarkan media pemadam api dari dalam tabung. Menekan tuas secara penuh bertujuan agar bisa lebih cepat untuk mengeluarkan seluruh isi media di dalamnya, sehingga api bisa cepat padam.

4. Sweep

Prosedur penggunaan APAR yang terakhir adalah sapukan media pemadam api secara menyeluruh ke sumber api. Caranya dengan menggerakan nozzle dari sisi kanan ke sisi kiri atau sebaliknya. Langkah ini bertujuan agar penyebaran media pemadam api bisa merata dan kebakaran bisa dipadamkan dengan segera.

Aspek Penting dalam Memadamkan Api Menggunakan APAR

prosedur penggunaan apar yang aman

Saat melakukan prosedur penggunaan APAR, ada beberapa aspek penting yang harus kamu perhatikan. Aspek-aspek penting ini wajib diketahui dan diterapkan supaya proses pemadaman api berjalan dengan aman dan lancar. Aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam prosedur penggunaan APAR adalah sebagai berikut:

  • Perhatikan jenis benda yang terbakar untuk menentukan risiko kelas kebakaran dan jenis APAR yang tepat untuk memadamkannya.
  • Jangan menyemprotkan APAR dengan posisi berlawanan arah angin.
  • Jarak ideal untuk menyemprotkan APAR adalah 3 – 5 meter dari titik api.
  • Bawa tabung berukuran besar dengan cara dipanggul, bukan ditenteng atau dijinjing.
  • Jangan menarik safety pin sambil menekan tuas APAR secara bersamaan.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai prosedur penggunaan APAR dengan benar dan aman. Dengan mengikuti prosedur tersebut, maka proses pemadaman api bisa berjalan dengan lancar sampai api benar-benar padam. Jangan lupa untuk memperhatikan aspek-aspek penting dalam memadamkan api agar api bisa dipadamkan dengan cepat dan aman.

Recommended Posts

Leave a Comment