In alat pemadam api

Masing-masing media pemadam api mempunyai karakteristik tersendiri dalam memadamkan api. Seperti misalnya APAR CO2 dan powder yang dikenal dapat memadamkan kelas kebakaran C. Meski APAR CO2 dan powder dianggap mempunyai kesamaan, ternyata masih terdapat perbedaan APAR CO2 dan powder. Lalu, apa saja perbedaannya? Silakan para pembaca temukan pada artikel ini.

 

Perbedaan APAR CO2 dan Powder Menurut Kelas Kebakarannya

APAR CO2 dan powder sangat populer digunakan untuk memadamkan kebakaran kelas C. Cara kerja dari kedua media ini adalah dengan menutup kontak antar elemen dalam segitiga api, yaitu oksigen dengan sumber panas dan bahan bakar. Sehingga, proses oksidasi tidak bisa dilakukan dan api akan padam.

Perbedaan APAR CO2 dan Powder Menurut Kelas Kebakarannya

Kedua media APAR ini juga bersifat non-konduktor yang aman digunakan untuk memadamkan kebakaran yang terjadi pada peralatan elektronik atau masalah elektrikal.

Meski sama-sama bisa memadamkan kelas kebakaran C, ternyata APAR CO2 dan powder bisa juga digunakan untuk memadamkan kelas kebakaran lain. Untuk APAR powder, selain kelas kebakaran C, ternyata bisa juga untuk memadamkan kelas kebakaran A dan B. Berbeda dengan APAR CO2 yang hanya efektif digunakan untuk memadamkan kelas kebakaran B dan C.

 

Perbedaan APAR CO2 dan Powder Saat Digunakan

Saat digunakan, APAR CO2 dan powder memiliki perbedaan masing-masing. APAR CO2 yang bersifat clean agent, tidak akan meninggalkan bekas saat digunakan. Hal tersebut akan mempersingkat proses downtime yang terjadi pasca kebakaran. Meski tidak meninggalkan residu, namun saat menggunakan APAR CO2 harus memperhatikan ventilasi dan ketersediaan oksigen dalam ruangan, juga disarankan harus menggunakan breathing apparatus.

Perbedaan APAR CO2 dan Powder Saat Digunakan

Sedangkan media powder dianggap lebih aman bagi pernafasan, namun harus tetap memperhatikan arah angin. Jika arah angin berbalik ke arah para pembaca, maka tidak mustahil powder akan terhirup. Oleh sebab itu, dihimbau untuk tetap menggunakan masker dan juga memperhatikan arah angin saat menggunakan APAR powder.

Nah, itu semua perbedaan-perbedaan yang bisa dijabarkan pada artikel kali ini mengenai APAR CO2 dan powder. Semoga bisa bermanfaat dan dijadikan pertimbangan bagi para pembaca saat akan memilih APAR beserta medianya. Lalu yang tak kalah penting, kenali medai APAR sebelum menggunakannya.

Recommended Posts

Leave a Comment