4 Perbedaan APAR Powder dan CO2 yang Harus Kamu Tahu!

Tahukah kamu bahwa mengetahui perbedaan APAR powder dan CO2 itu ternyata sangat penting. Pasalnya, setiap jenis alat pemadam api ringan memiliki karakteristik dan prioritas pemadaman kebakaran tersendiri.

Jika kamu salah dalam memilih tabung alat pemadam api ringan, sudah pasti pemadaman yang kamu lakukan tidak akan efektif. Memang iya demikian? Baca ulasan lengkap berikut ini untuk menemukan bukti konkritnya!

4 Alasan Kenapa Memahami Perbedaan Antara Jenis APAR CO2 dan Powder Itu Penting

Perbedaan APAR Powder dan CO2 fungsi apar powder dan co2Memahami perbedaan APAR Powder dan CO2 sangat penting dalam perlindungan kebakaran, apalagi terdapat beragam jenis kebakaran yang dapat terjadi. Oleh karena itu, pemilihan alat pemadam api ringan yang tepat menjadi kunci utama dalam upaya pemadaman yang efektif dan efisien.

Selain itu, masih ada beberapa alasan lain yang penting untuk kamu ketahui, terutama tentang pentingnya memahami perbedaan kedua jenis APAR tersebut. Ingin tahu apa saja alasannya? Simak penjelasan berikut!

1. Efektivitas Pemadaman

Setiap jenis APAR memiliki rancangan tersendiri untuk memadamkan jenis kebakaran tertentu. Misalnya, APAR powder efektif untuk kebakaran kelas A, B, dan C, sementara APAR CO2 lebih cocok untuk kebakaran kelas B dan C.

2. Penggunaan Yang Aman

Dengan memahami perbedaan APAR powder dan CO2 dapat meminimalisir kesalahan dalam memilih jenis APAR bisa berakibat fatal. Misalnya, penggunaan APAR foam pada peralatan elektronik bisa menyebabkan kerusakan, sementara penggunaan APAR CO2 pada kebakaran kelas A tidak efektif.

3. Minimalkan Kerusakan Sekunder

Memahami perbedaan kedua jenis alat pemadam api ringan tidak hanya meningkatkan efektivitas respons terhadap kebakaran saja. Tetapi juga meminimalkan kerusakan sekunder akibat kebakaran, karena kamu bisa memadamkan secara cepat dan efektif.

4. Pertimbangan Biaya dan Pemeliharaan

Memahami kebutuhan spesifik untuk setiap jenis APAR membantu dalam perencanaan biaya dan pemeliharaan. Misalnya, perusahaan dengan banyak peralatan elektronik mungkin lebih memilih APAR CO2 meskipun harganya lebih tinggi karena manfaat jangka panjangnya.

Lalu Apa Saja Perbedaan APAR Powder dan CO2?

Perbedaan APAR Powder dan CO2 jenis jenis apar dan fungsinyaDalam dunia perlindungan kebakaran, pemahaman tentang perbedaan APAR Powder dan APAR CO2 sangat penting untuk menentukan pilihan yang tepat sesuai kebutuhan. Pasalnya, meskipun sama-sama APAR keduanya memiliki karakteristik tersendiri, berikut ini adalah beberapa perbedaan kedua jenis tabung APAR yang perlu kamu tahu!

1. Perbedaan APAR powder dan CO2 dari Aspek Media Pemadam Api

APAR powder

Terbuat dari sodium bikarbonat (NaHCO₃), senyawa ini dapat membantu memadamkan api dengan mengurangi kandungan oksigen di udara. Magnesium stearate (Mg(C₁₈H₃₅O₂)₂) senyawa yang membantu menjaga serbuk agar tidak menggumpal, memastikan distribusi merata saat kamu gunakan.

Magnesium karbonat (MgCO₃) senyawa yang membantu menjaga serbuk dalam kondisi kering dan mengoptimalkan efektivitasnya dalam memadamkan api. Sedangkan, trikalsium karbonat (Ca₃(CO₃)₂) senyawa yang membantu mengurangi oksigen yang tersedia untuk api.

APAR CO2

Alat pemadam api ringan media karbon dioksida (CO2) terbuat dari kombinasi antara 1 atom karbon dan 2 atom oksigen. Bentuk senyawa tersebut adalah gas tidak berwarna dan tidak berbau yang menggantikan oksigen dan menghentikan proses pembakaran tanpa meninggalkan residu.

2. Perbedaan APAR powder dan CO2 dari Segi Cara Kerja

Alat Pemadam Api Powder

Cara kerjanya adalah dengan menciptakan lapisan antara bahan yang terbakar dan oksigen, sehingga memutuskan reaksi kimia dalam api. Serbuk ini juga bekerja untuk mendinginkan bahan yang terbakar dan membantu menghentikan proses pembakaran lebih cepat.

Alat Pemadam Api CO2

Sedangkan cara kerja APAR CO2 adalah menggantikan oksigen di sekitar api, sehingga api kehilangan salah satu elemen penting untuk terus menyala. Proses tersebut secara efektif mampu menghentikan reaksi pembakaran, memadamkan api tanpa meninggalkan residu atau kerusakan tambahan.

3. Perbedaan APAR powder dan CO2 dari Segi Kelas Kebakaran

Jenis APAR Powder

Alat pemadam api ringan media dry chemical powder ini sangat efektif untuk memadamkan kebakaran di kelas A, B dan C. Kelas kebakaran A merupakan kebakaran yang melibatkan bahan padat yang biasanya menghasilkan bara,seperti kayu, kertas, kain, dan beberapa jenis plastik.

Kelas kebakaran B adalah klasifikasi kebakaran yang melibatkan cairan atau gas yang mudah terbakar, seperti bensin, minyak, cat, dan propana. Sedangkan, kelas kebakaran C klasifikasi kebakaran yang melibatkan peralatan elektronik yang dialiri listrik, dimana penggunaan media pemadam non-konduktif sangat penting.

Jenis APAR CO2

Sedangkan alat pemadam api ringan yang menggunakan media karbon dioksida sangat efektif untuk memadamkan kebakaran kelas B dan C. Kelas kebakaran B merupakan kebakaran yang melibatkan cairan atau gas yang mudah terbakar dan kelas kebakaran C adalah kebakaran pada peralatan elektronik yang dialiri listrik.

8 Tips Memilih Alat Pemadam Api Ringan yang Tepat!

jenis-jenis apar alat pemadam api ringanSetelah kamu mengetahui perbedaan APAR powder dan CO2, maka biar saat membeli kamu tidak salah pilih. Memang apa saja sih tips-tips yang perlu diperhatikan saat akan membeli alat pemadam api ringan? Cek penjelasannya berikut ini!

  • Kenali Jenis Kebakaran, pahami kelas kebakaran yang mungkin terjadi di lingkungan kamu, hal itu penting untuk menentukan pilihan APAR yang tepat.
  • Pilih Jenis Media Pemadam, sesuaikan media pemadam dengan jenis kebakaran yang mungkin terjadi, misal APAR serbuk kering (powder) cocok untuk kebakaran kelas A, B, dan C.
  • Sesuaikan Kapasitas, pastikan kapasitasnya sesuai dengan luas dan jenis area yang akan kamu lindungan, jangan sampai area yang lebih besar tapi kamu memilih APAR kapasitas kecil.
  • Standar dan Sertifikasi, pastikan APAR yang kamu pilih memenuhi standar keamanan yang berlaku dan memiliki sertifikasi dari lembaga yang kredibel.
  • Instruksi Penggunaan, pilih APAR yang dilengkapi dengan instruksi penggunaan yang jelas dan mudah dipahami, agar bisa digunakan dengan efektif saat diperlukan.
  • Periksa Tanggal Kadaluarsa, Periksa tanggal kadaluarsa dan pastikan kamu membeli produk yang masih dalam masa berlaku optimal.
  • Pertimbangkan Harga, bandingkan harga alat pemadam api ringan yang kamu pilih di beberapa toko, kamu bisa cek harganya lewat e commerce.
  • Konsultasi dengan ahli, jika kamu ragu konsultasikan dengan ahli keamanan kebakaran untuk mendapatkan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan spesifik kamu.

Ingin Mendapatkan APAR Karbon Dioksida dan Powder Berkualitas? Beli Disini!

Toko APAR terdekat distributor alat pemadam apiSetelah memahami perbedaan APAR powder dan CO2, kamu ingin mendapatkan APAR berkualitas tinggi? Tidak perlu bingung mencari lagi, karena kamu bisa mendapatkannya di sini! Kami menyediakan berbagai jenis alat pemadam api ringan yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan perlindungan kebakaran kamu.

Mulai dari media foam, liquid gas, powder, hingga CO2, semua tersedia dalam kualitas terbaik yang dapat kamu andalkan. Proses pembelian di tempat kami sangat mudah dan praktis, karena kamu bisa melakukannya secara online, baik melalui store website kami.

Itulah penjelasan lengkap tentang perbedaan APAR powder dan CO2 mulai dari alasan hingga penjelasan perbedaan antara kedua jenis tabung APAR tersebut. Nah, jika kamu ingin mendapatkan informasi lebih detail tentang produk yang kami tawarkan, hubungi admin atau sales kami saja.

Leave a Comment