Ini Cara Penanggulangan Kebakaran di Tempat Kerja yang Benar!

Penanggulangan kebakaran di tempat kerja adalah hal yang mungkin tidak pernah kamu pikirkan, tapi sekarang saatnya untuk memahaminya. Bukan rahasia lagi bahwa kebakaran dapat terjadi kapan saja, dan tempat kerja bukanlah tempat yang mustahil terjadi insiden kebakaran.

Di balik gemerlapnya aktivitas sehari-hari di tempat kerja, tersembunyi potensi bahaya yang bisa menghancurkan segalanya dalam hitungan detik. Ya, kita berbicara tentang kebakaran di tempat kerja, masalah yang sering kali diabaikan hingga datang saat yang tidak diinginkan.

Saat alat-alat teknologi modern dan mesin berharga berjuta-juta rupiah beroperasi, api dapat menjadi musuh tersembunyi yang mengintai. Makanya, pastikan kamu mengetahui bagaimana cara ampuh atasi kebakaran yang sering terjadi di tempat kerja.

Peraturan Penanggulangan Kebakaran di Tempat Kerja

Peraturan SOP penangan kebakaran di tempat kerja adalah serangkaian aturan dan prosedur untuk mencegah dan mengatasi kebakaran di lingkungan kerja. Nah, di Indonesia peraturan tersebut terdapat dalam peraturan Kepmenaker No. 186 tahun 1999 dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1970.

Dalam peraturan tersebut terdapat penjelasan lengkap tentang keselamatan kerja, termasuk pencegahan dan penanggulangan kebakaran. Kamu mau tahu lebih terperinci tentang aturannya? Simak penjelasannya berikut!

  • Pemasangan dan Pemeliharaan Alat Pemadam Kebakaran, setiap tempat kerja harus ada alat pemadam kebakaran yang sesuai. Seperti alat pemadam api, fire hydrant, fire suppression system, dan fire sprinkler, yang harus kamu periksa dan pelihara secara rutin.
  • Pelatihan Karyawan, dalam SOP penanggulangan kebakaran di tempat kerja juga terdapat aturan tentang pemberian pelatihan kepada karyawan. Pelatihan tersebut adalah tentang cara menggunakan alat pemadam api dan prosedur evakuasi kebakaran.
  • Rencana Evakuasi dan Latihan Darurat, dalam peraturan juga terdapat penjelasan tentang pengembangan rencana evakuasi kebakaran yang jelas. Termasuk rute evakuasi dan titik kumpul, serta melakukan latihan evakuasi secara berkala.
  • Pengaturan Keamanan Kebakaran, menerapkan standar keamanan untuk mencegah kebakaran, seperti pengelolaan bahan mudah terbakar, penggunaan peralatan listrik, dan penyimpanan bahan kimia.
  • Penandaan dan Sinyalisasi, setiap tempat kerja juga harus memastikan bahwa semua rute evakuasi dan lokasi alat pemadam kebakaran ditandai dengan jelas.
  • Inspeksi dan Audit Berkala, dalam peraturan penanggulangan kebakaran di tempat kerja juga terdapat penjelasan tentang inspeksi dan audit. Pasalnya, dengan melakukan inspeksi rutin untuk memastikan bahwa semua peralatan dan prosedur keamanan kebakaran berada dalam kondisi baik.
  • Komunikasi dan Koordinasi, setiap tempat kerja harus mempunyai sistem komunikasi yang efektif untuk melaporkan kebakaran dan koordinasi dengan layanan darurat lokal.

Peraturan ini hadir untuk menjamin keselamatan semua orang di tempat kerja dan mengurangi risiko kerusakan material akibat kebakaran. Setiap tempat kerja harus menyesuaikan peraturannya dengan spesifik kebutuhan dan risiko kebakaran yang mungkin terjadi.

10 Apa Penyebab Kebakaran di Tempat Kerja?

Tidak hanya peraturan penanggulangan kebakaran di tempat kerja saja, tapi kamu juga harus memahami betul penyebab kebakaran yang timbul di tempat kerja. Pasalnya, penyebab kebakaran di tempat kerja bisa bermacam-macam dan sering kali berkaitan dengan faktor lingkungan kerja atau kelalaian manusia.

Lalu, apa saja penyebab kebakaran yang biasa timbul di tempat kerja? Tanpa berlama-lama simak saja penjelasannya lengkap berikut ini!

  • Kelalaian Manusia, kelalaian seperti merokok di area terlarang, tidak mematikan peralatan listrik, atau penggunaan peralatan tidak tepat dapat menyebabkan kebakaran.
  • Korsleting Listrik, ini sering menjadi penyebab utama kebakaran, terutama di tempat kerja yang memiliki banyak peralatan elektronik.
  • Peralatan yang Rusak atau Tidak Terawat, peralatan yang rusak atau tidak perawatannya tidak rutin. Seperti kabel listrik yang terkelupas atau mesin yang bocor, dapat menyebabkan percikan api.
  • Bahan Mudah Terbakar, penyimpanan bahan mudah terbakar seperti bahan kimia, cat, atau pelarut, secara tidak aman dapat menyebabkan kebakaran. Oleh karenanya, penanggulangan kebakaran di tempat kerja ini, bahan mudah terbakar harus tersimpan di tempat yang aman dan menyediakan alat pemadam.
  • Pekerjaan yang Melibatkan Api, seperti pengelasan atau penggunaan alat potong yang menghasilkan percikan api dapat menyebabkan kebakaran jika pengawasannya tidak baik.
  • Kegagalan Sistem Pemanasan, sistem pemanasan yang tidak terawat atau rusak bisa menjadi sumber kebakaran.
  • Kebocoran Gas, baik kebocoran dari pipa gas alam atau dari silinder gas yang terpakai di  area industri, juga dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan.
  • Sabotase atau Tindakan Kriminal, tindakan sabotase atau kriminal, termasuk pembakaran sengaja, juga bisa menjadi penyebab kebakaran di tempat kerja.
  • Kegagalan Dalam Mematuhi Prosedur Keselamatan, tidak mengikuti prosedur keselamatan yang ada, seperti tidak melakukan pemeriksaan rutin, juga dapat meningkatkan risiko kebakaran.

Lalu, Bagaimana Cara Penanggulangan Kebakaran di Tempat Kerja?

Untuk mengatasi kebakaran yang terjadi di area kerja melibatkan serangkaian langkah preventif dan responsif untuk mengurangi risiko dan dampak kebakaran. Kamu ingin tahu apa saja langkah-langkahnya? Cek penjelasannya berikut!

Pendidikan dan Pelatihan, lakukan pelatihan kebakaran untuk semua karyawan, termasuk penggunaan alat pemadam, prosedur evakuasi, dan tindakan pertama saat terjadi kebakaran.

  • Instalasi dan Pemeliharaan Alat Pemadam Kebakaran, pasang alat pemadam api yang sesuai di lokasi strategis. Jangan lupa pastikan bahwa peralatan tersebut terawat dengan baik dan aksesnya mudah.
  • Pengenalan dan Penerapan Standar Keselamatan, pastikan bahwa semua praktik kerja mematuhi standar keselamatan kebakaran yang berlaku.
  • Pemeriksaan dan Audit Berkala, lakukan pemeriksaan rutin terhadap instalasi listrik, peralatan, dan bahan kimia untuk mengidentifikasi dan memperbaiki potensi bahaya kebakaran.
  • Manajemen Bahan Mudah Terbakar, cara penanggulangan kebakaran di tempat kerja selanjutnya adalah perhatikan manajemen bahan mudah terbakar.  Pastikan bahan mudah terbakar dan mudah meledak kamu simpan secara aman dan sesuai dengan regulasi yang berlaku.
  • Penandaan dan Sistem Informasi, sediakan tanda dan informasi keselamatan yang jelas, termasuk rute evakuasi dan lokasi alat pemadam api.
  • Rencana Evakuasi, buat dan praktikan rencana evakuasi darurat yang efektif, termasuk penunjukan petugas keselamatan dan titik kumpul evakuasi.
  • Koordinasi dengan Pihak Berwenang, jalin kerjasama dengan pihak pemadam kebakaran lokal untuk pelatihan, audit, dan respons darurat.
  • Mengurangi Risiko Listrik, pastikan semua instalasi dan peralatan listrik sesuai dengan standar keselamatan dan terawat dengan baik.
  • Pemantauan dan Kontrol, berikutnya cara penanggulangan kebakaran di tempat kerja adalah gunakan sistem deteksi kebakaran untuk memberikan peringatan dini kebakaran.
  • Penerapan Kebijakan No Smoking, buat kebijakan dan terapkan larangan merokok di area kerja.
  • Respons Cepat dan Efektif, pastikan memiliki prosedur untuk respons cepat jika terjadi kebakaran, termasuk cara menghubungi layanan darurat.
  • Kesiapan dan Peralatan Darurat, sediakan peralatan darurat seperti selang air, tangga darurat, dan masker asap.
  • Simulasi dan Latihan Darurat, adakan latihan kebakaran untuk memastikan semua orang di tempat kerja tahu apa yang harus mereka lakukan saat situasi darurat.

Butuh Alat Pemadam Kebakaran? Beli Disini!

Kami adalah salah satu distributor alat pemadam kebakaran berkualitas tinggi yang memiliki komitmen kuat dalam memberikan solusi jitu atas kebakaran. Dengan tim yang yang berpengalaman dan profesional kami hadir memberikan layanan terbaik dan terlengkap.

Sebagai distributor terpercaya kami menyediakan alat pemadam api dari beberapa jenis media mulai dari dry powder, karbon dioksida hingga foam. Brand alat pemadam GuardAll dan FireFix yang kami sediakan sangat recomended untuk kamu gunakan dalam rangka penanggulangan kebakaran di tempat kerja.

Selain itu, kami juga menghadirkan layanan perbaikan dan isi ulang alat pemadam api ringan dengan sistem on site service. Jadi, apalagi yang kamu ragukan? Segera hubungi tim kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dengan klik disini.

Leave a Comment