pemadam api ringan

Pemadam api ringan atau yang dikenal dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) pasti sebagian dari kalian sudah pernah mendengar atau mengetahuinya. Benda yang satu ini sering kita jumpai di tempat-tempat umum seperti rumah sakit, kantor, gedung bioskop, atau di bis kota. Alat pemadam api ringan merupakan salah satu jenis pemadam api yang dikelompokkan berdasarkan ukuran tabung dan kapasitas medianya.

Pemadam api menurut ukuran dan kapasitas medianya dibagi menjadi 2 yaitu:

  • Alat Pemadam Api Ringan (APAR): Biasanya berukuran 1 kg – 9 kg.
  • Alat Pemadam Api Berat (APAR): Berukuran 20 – 100 kg.

 

Manfaat Memiliki Alat Pemadam Api Ringan

Dengan kapasitas yang relatif kecil, penggunaan alat pemadam api ini sebaiknya digunakan untuk penanganan pertama saat terjadi kebakaran dengan api yang berukuran kecil. Dan biasanya digunakan untuk penggunaan pribadi seperti di rumah-rumah, kendaraan pribadi atau kendaraan umum, dan fasilitas umum.

Ukuran yang kecil ini juga dimaksudkan agar alat pemadam api dapat dibawa dengan mudah sehingga dapat digunakan oleh satu orang saja.

Namun penggunaan alat pemadam api ini perlu diperhatikan prosedurnya agar tidak terjadi kecelakaan saat pemakaian atau kendala. Cari tahu cara penggunaan alat pemadam api yang baik dan benar sebelum kamu mencoba menggunakannya.

 

cara penggunaan alat pemadam api ringan

 

Kamu bisa browsing atau ikuti langkah-langkah penggunaan alat pemadam api yang tertera pada label tabung. Selain itu kamu bisa mengikuti training khusus penggunaan alat pemadam api yang biasanya diselenggarakan oleh dinas pemerintah terkait atau perusahaan penyedia layanan proteksi kebakaran.

 

Pemadam Api Ringan Berisi Media Pemadam, Apa itu?

Pemilihan alat pemadam api ringan sebagai proteksi aktif dari kebakaran tidak bisa sembarangan. Karena alat pemadam api memiliki spesifikasi yang berbeda-beda tergantung pada media pemadam yang terdapat di dalam tabung.

Media pemadam merupakan suatu zat yang dibuat khusus dan telah disesuaikan untuk menangani kelas kebakaran tertentu. Media pemadam yang sering kita jumpai yaitu:

Media-media tersebut memiliki tingkat efektivitas yang berbeda-beda dalam menangani kebakaran karena sifat zatnya.

 

Cara Memilih Alat Pemadam Api Ringan (APAR) Sesuai Kebutuhan

Kali ini pemadamapi.id akan membagikan tips-tips agar kamu tidak salah pilih saat akan membeli alat pemadam api ringan.

 

Setelah kamu mengetahui apa itu alat pemadam api ringan dan bagaimana cara memilih alat pemadam api ringan yang sesuai dengan kebutuhan. Sekarang kamu bisa memilih alat pemadam api yang cocok untuk melindungi properti. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian Fighter!

Recent Posts

Leave a Comment