Sebagai pemilik APAR, para pembaca wajib tahu tentang seluk-beluk APAR milik para pembaca. Mulai dari cara menggunakannya, cara merawatnya, cara meletakkannya sampai yang terpenting yaitu mengetahui masa kadaluarsa APAR tersebut. Masa kadaluarsa APAR sangat penting karena hal ini mempengaruhi performa APAR saat akan digunakan.

Jika media dalam APAR sudah memasuki masa kadaluarsa, dikhawatirkan akan menyebabkan malfungsi pada saat APAR digunakan. Entah media tersebut tidak mau keluar atau bahkan justru malah menggumpal dan menyumbat saluran keluar dari APAR. Hal-hal tersebut tentu akan membahayakan para pengguna alat pemadam api ringan.

Masa Kadaluarsa APAR Tiap Media

Alat pemadam api ringan dengan media dry chemical powder, CO2 dan cair adalah APAR yang cukup ekonomis, karena memiliki masa kadaluarsa sampai 5 tahun. Ini berarti jika APAR tersebut memasuki masa tersebut dan masih belum digunakan, maka harus segera dikosongkan dan dilakukan pengisian ulang supaya performanya tetap maksimal.

Masa Kadaluarsa APAR Tiap Medianya

Alat pemadam api dengan media foam, memiliki masa kadaluarsa 2 tahun. Jika pada tenggat waktu tersebut APAR belum pernah sekalipun digunakan, maka harus tetap dilakukan pengosongan tabung dan melakukan isi ulang sesuai dengan media APAR tadi.

 

Perawatan untuk Memperpanjang Masa Kadaluarsa APAR

Meskipun APAR memiliki masa kadaluarsa masing-masing, namun tidak dapat dipungkiri jika para pembaca salah merawat APAR, media APAR tersebut bisa rusak sebelum memasuki masa kadaluarsa. Maka dari itu akan dibagikan di artikel ini tentang bagaimana cara memperlakukan APAR supaya tidak cepat kadaluarsa.

Pertama-tama jangan letakan APAR di atas lantai, minimal pasang APAR 15 cm di atas lantai. Atau untuk memenuhi standar agar APAR mudah dijangkau, pasang APAR 125 cm dari lantai. Hal ini akan menjaga media APAR, agar tidak terkena kelembapan lantai yang akan mempercepat media APAR rusak sebelum memasuki masa kadaluarsa.

Masa Kadaluarsa APAR, Bagaimana Memperpanjangnya

Jika alat pemadam api ringan diletakan di luar gedung, gunakan box penyimpanan APAR. Hal ini akan melindungi APAR dari gangguan cuaca seperti hujan dan sinar matahari. Karena dikhawatirkan media dalam APAR bisa rusak sebelum masa kadaluarsa karena terkena cuaca ekstrim. Box juga akan melindungi komponen APAR dari bahaya keropos.

Terakhir dan tak kalah penting, selalu lakukan inspeksi dan cek kartu APAR milik Anda. Jika dalam inspeksi ada komponen APAR yang rusak atau media APAR menggumpal, segera lakukan inspeksi dan servis APAR. Untuk membantu Anda melakukan jadwal inspeksi dan mencatat info APAR Anda, bisa menggunakan aplikasi FIRECEK.

Recommended Posts

Leave a Comment