Jenis APAR kelas C harus dipersiapkan sesuai dengan potensi kelas kebakarannya, yaitu kelas kebakaran C. Sebelum membahas APAR apa yang bisa direkomendasikan untuk menangani kelas kebakaran C, mari kita ingat lagi apa itu kelas kebakaran C.

Seperti yang para pembaca ketahui, ada empat kelas kebakaran pada umumnya, yang salah satunya adalah kelas kebakaran C. Api dari kelas kebakaran C ditimbulkan dari masalah elektrikal yang terjadi seperti korsleting, malfungsi alat listrik dan lain sebagainya. Dengan adanya unsur elektrikal, maka APAR yang digunakan untuk memadamkannyapun tidak boleh sembarangan.

 

APAR CO2, Jenis APAR Kelas C yang Populer Digunakan

APAR CO2 ini adalah pilihan yang cukup populer ketika digunakan untuk menangani kelas kebakaran C. Senyawa gas CO2 dianggap lebih berat dari pada oksigen, sehingga membuat area tempat dimana APAR CO2 diaplikasikan menjadi sulit ditembus oleh oksigen. Maka, reaksi rantai segitiga api akan terputus dan api dapat dipadamkan.

Jenis APAR Kelas C APAR CO2

Selain itu, APAR CO2 juga memiliki sifat non-konduktor atau tidak menghantarkan listrik, sehingga aman digunakan di area yang dialiri aliran listrik. Sifat clean agent dari CO2 juga sangat menguntungkan, karena tidak akan meninggalkan residu yang dapat merusak alat elektronik, serta mempercepat masa downtime pasca kebakaran.

 

Powder, APAR Semua Kelas Kebakaran yang Juga Termasuk Jenis APAR Kelas C

APAR powder sangat populer digunakan oleh masyarakat, karena cakupan kelas kebakarannya cukup luas. APAR powder atau sering juga disebut APAR ABC powder, ternyata juga ampuh untuk memadamkan api kelas kebakaran C. Cara kerja APAR ini adalah dengan menutup titik api dengan media powder, sehingga oksigen tidak bisa masuk dan api akan padam dengan cepat.

Jenis APAR Kelas C APAR Powder

Namun, sayangnya APAR powder meninggalkan residu ketika digunakan. Jadi, jika kebakaran sudah berhasil diatasi, para pembaca harus segera membersihkan residu APAR powder.

 

Clean Agent Pengganti Halon, Jenis APAR Kelas C yang Ramah Lingkungan

APAR pengganti halon beredar karena menggantikan halon yang dapat merusak ozon. APAR pengganti halon adalah APAR berbentuk gas kimia cair yang dapat memadamkan api kelas kebakaran C seperti di ruang panel listrik atau genset.

Jenis APAR Kelas C yang Ramah Lingkungan HFC-227

APAR pengganti ini, selain ramah lingkungan karena tidak merusak ozon, juga termasuk dalam APAR clean agent. Jadi ketika digunakan, APAR ini tidak akan meninggalkan residu.

Nah, itu semua rekomendasi APAR yang bisa digunakan untuk memadamkan kelas kebakaran C. Sekarang tinggal para pembaca sendiri yang menentukan APAR apa yang sesuai dengan kebutuhan para pembaca. Segera lengkapi APAR milik para pembaca dengan mendapatkanya di sini.

Recommended Posts

Leave a Comment