Terungkap! Begini Proses Hydrotest Tabung Apar yang Benar

Sudahkah tabung pemadam api kamu siap menghadapi nyala api yang tak terduga? Kita sering lupa, di balik wajah tenangnya yang tergantung di sudut ruangan, hydrotest tabung apar menjadi tugas penting yang tak boleh kamu terlewatkan. Sering kali, kita menganggap remeh tugas vital yang satu ini, padahal ia layaknya jantung dari sistem keamanan kebakaran kita.

Bayangkan saja, saat api berkobar dan kamu berlari mengambil APAR, namun yang kamu dapatkan hanyalah alat yang tak berfungsi. Kegelisahan dan kepanikan seketika menguasai, bukan? Di sinilah pentingnya pengujian tekanan APAR secara rutin.

Pasalnya, dengan prosedur yang terperinci, hydrotest ini menguji tabung alat pemadam kebakaran untuk memastikan bahwa saat kamu butuhkan, kinerjanya optimal. Penting sekali bukan? Yuk, cari tahu lebih dalam tentang uji tekanan hydrotest pada alat pemadam api ringan dengan baca ulasan berikut ini sampai selesai!

Apa Itu Hydrotest Tabung APAR?

Test hydrostatic pada tabung alat pemadam api merupakan langkah penting guna menilai kelayakan tabung APAR, apakah masih bisa kamu gunakan atau tidak. Pengujian tabung pemadam kebakaran melalui test hydrostatic ini juga sering dikenal dengan istilah hydrotest.

Di Indonesia, regulasi yang mengatur uji tekanan hydrostatic tabung APAR terdapat dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor: PER.04/MEN/1980. Peraturan ini mengatur tentang prosedur, persyaratan instalasi dan pemeliharaan alat pemadam api ringan, termasuk uji tekanan APAR.

Berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor: PER.04/MEN/1980 setiap APAR harus menjalani uji berkala dalam interval tidak lebih dari 5 tahun sekali. Dalam  uji hydrotest tabung APAR ini biasanya melibatkan penggunaan air sebagai media pengujiannya.

Pada dasarnya, hydrostatic test dilakukan dengan memberikan tekanan pada tabung APAR melebihi tekanan normal. Apabila tabung APAR yang kokoh menahan tekanan uji selama 30 detik sesuai standar, maka tabung alat pemadam tersebut masih layak guna.

Manfaat Test Hydrostatic

Pengujian tekanan pada tabung APAR atau lebih familiar dengan istilah test hydrostatic ini memberikan banyak sekali manfaat lo! Terutama, untuk memastikan keandalan dan kinerjanya. Berikut adalah beberapa manfaat dari pengujian hidrostatik pada alat pemadam api ringan:

  • Menjamin Keandalan, pengujian hidrostatik membantu memastikan bahwa tabung pemadam api dapat berfungsi sebagaimana mestinya ketika kondisi darurat kebakaran. Karena, dalam uji tekanan tabung APAR melalui hydrostatic ini memastikan bahwa tabung dapat menahan tekanan dan tidak mengalami kebocoran.
  • Deteksi Kebocoran, dengan uji hydrotest tabung APAR memungkinkan adanya deteksi dini kebocoran atau kerusakan komponen pada tabung APAR. Hal ini penting untuk mencegah kehilangan bahan pemadam dan memastikan keberlanjutan operasional alat pemadam api.
  • Memeriksa Kekuatan Struktural, pengujian tekanan APAR ini juga membantu dalam mengevaluasi kekuatan struktural tabung. Hal ini termasuk kemampuan tabung untuk menahan tekanan hidrostatik yang diberikan selama pengujian.
  • Pemeliharaan Preventif, pengujian hidrostatik merupakan bagian dari pemeliharaan preventif. Dengan melakukan pengujian secara berkala, kamu dapat mencegah kegagalan atau kerusakan pada tabung sebelumnya terjadi.
  • Kepatuhan Regulasi, Indonesia memiliki regulasi dan standar yang mengharuskan pengujian hidrostatik secara teratur untuk peralatan pemadam api. Oleh karena itu, jika kamu melakukan pengujian ini membantu memastikan kepatuhan terhadap peraturan tersebut.
  • Pemantauan Perubahan Masa, melalui pengujian hydrotest tabung APAR kamu bisa memantau perubahan massa yang dapat mengindikasikan masalah di kemudian hari. Pasalnya, massa tabung APAR dapat berubah seiring waktu karena korosi atau kerusakan.
  • Keamanan Pengguna, dengan pengujian yang teratur dapat membantu memastikan bahwa alat pemadam api dapat kamu andalkan saat terjadi kebakaran. Sehingga, dapat memberikan keamanan bagi kamu dan lingkungan sekitar, karena ketika darurat kebakaran kamu bisa menggunakan tabung pemadam kebakaran tersebut.
  • Peningkatan Respons Terhadap Kebakaran, melalui pengujian tekanan tersebut kamu dapat memastikan bahwa alat pemadam api berfungsi dengan baik. Selain itu, pengujian hidrostatik membantu meningkatkan respons terhadap kebakaran dengan menyediakan alat yang dapat kamu andalkan dan siap pakai.

Penting untuk mematuhi panduan dan regulasi yang berlaku dan melibatkan teknisi profesional yang berkompeten dalam melakukan pengujian hidrostatik pada alat pemadam api ringan untuk memastikan prosedur dilakukan dengan benar dan aman.

Langkah-Langkah Pengujian Tabung APAR Sesuai Standar

Pengujian hidrostatik pada tabung pemadam api (APAR) penting untuk memastikan keandalan dan kinerja tabung tersebut. Berikut adalah langkah-langkah saat melakukan pengujian hydrotest tabung APAR

  • Siapkan Peralatan, pastikan kamu memiliki peralatan yang sesuai untuk pengujian hidrostatik, seperti pompa hidrostatik. Selain itu, kamu juga harus siapkan selang pengujian, manometer, dan perlengkapan pengukur tekanan lainnya.
  • Lakukan Pemeriksaan Visual Awal, periksa tabung alat pemadam secara visual untuk memastikan tidak ada kerusakan fisik yang dapat mempengaruhi keamanan atau keandalan.
  • Pemeriksaan Segel dan Pin Pengaman, jangan lupa pastikan segel dan pin pengaman tidak rusak atau hilang. Karena jika rusak atau hilang menandakan bahwa alat pemadam api pernah terpakai.
  • Pemeriksaan Tekanan, dalam pengujian tekanan APAR, kamu juga harus melakukan pemeriksaan tekanan dengan menggunakan manometer. Pastikan bahwa tekanan pada tabung pemadam kebakaran sesuai dengan spesifikasi pabrik.
  • Pemeriksaan Berat, jangan lupa lakukan penimbangan pada APAR untuk memastikan beratnya masih sesuai dengan berat isi yang tertera. Karena, jika terjadi penurunan berat dapat mengindikasikan bahwa alat pemadam api ringan mengalami kebocoran.
  • Pemeriksaan Selang dan Nozzle, saat melakukan pengujian hydrotest tabung APAR pastikan kamu memeriksa selang dan nozzle APAR. Hal itu perlu kamu lakukan untuk memastikan tidak ada sumbatan atau kerusakan.
  • Pemeriksaan Internal, untuk APAR dengan media serbuk kimia kering dry powder perlu kamu lakukan pemeriksaan internal untuk memastikan serbuk tidak menggumpal.
  • Penggantian Komponen yang Rusak, jika kamu menemukan kerusakan pada komponen alat pemadam api, maka harus segera kamu ganti dengan yang baru.
  • Uji Fungsional, dalam test hydrostatic APAR, kamu juga harus melakukan uji fungsional untuk memastikan APAR dapat beroperasi dengan baik. Dalam pengujian fungsional ini nantinya bisa melibatkan pengujian mekanisme pemicu dan aliran bahan pemadam.
  • Pencatatan dan Labelisasi, setiap APAR yang telah teruji hydrostatic harus kamu beri label tanggal pemeriksaan dan tanggal jadwal pemeriksaan berikutnya.
  • Penyimpanan yang Sesuai, setelah pengujian tekanan APAR harus kamu simpan di tempat yang aksesnya mudah dan sesuai dengan standar keselamatan.

Penting untuk diingat bahwa pengujian APAR harus dilakukan oleh profesional yang terlatih dan sesuai dengan standar keselamatan yang berlaku. Selain itu, pengujian hydrotest ini harus kamu lakukan secara rutin sesuai dengan rekomendasi produsen dan peraturan keselamatan lokal.

Lalu, Berapa Biaya Hydrotest Tabung APAR?

Pengujian hydrostatic pada alat pemadam api ringan (APAR) ini sangat penting karena material tabung APAR bisa melemah atau rusak seiring waktu. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelemahan atau kerusakan pada tabung APAR antara lain adalah korosi, kerusakan mekanis, atau pengaruh lingkungan.

Dengan melakukan hydrotest secara berkala, bisa kamu bisa pastikan bahwa tabung APAR akan berfungsi dengan baik dan aman saat kamu gunakan. Lalu, berapa sih biaya pengujian hydrostatic pada alat pemadam kebakaran? Jadi, untuk biaya yang harus kamu keluarkan adalah tabung APAR kapasitas 1 – 9 kg adalah Rp. 68. 775.- saja.

Itulah penjelasan lengkap tentang pengujian hydrotest tabung APAR mulai dari pengertian, langkah-langkah hingga harganya. Bagaimana, tertarik untuk uji tekanan APAR? Hubungi kami sekarang dengan klik disini dan dapatkan penawaran khusus.

Leave a Comment