Checklist Pemeliharaan APAR Digital, Lebih Mudah & Hemat Waktu

Checklist pemeliharaan APAR (alat pemadam api ringan) menjadi aktivitas yang wajib dilakukan. Meskipun APAR hanya digunakan pada saat terjadi kebakaran saja, tetapi kita juga harus menjaga dan melakukan perawatan rutin.

Mengapa? Karena dengan adanya pengecekan secara rutin, tabung APAR yang kamu miliki dapat dimonitoring dengan baik. Sehingga pada saat APAR digunakan, bisa berjalan normal tanpa adanya kerusakan.

Memangnya, Apa Sih Fungsi dari Checklist APAR?

checklist pemeriksaan apar manual

Adanya checklist APAR ini akan menjadi acuan utama orang yang bertugas melakukan pemeliharaan/pemeriksaan tabung pemadam api. Karena checklist ini akan berfungsi penting dalam menjaga dan memastikan kesiapan alat pemadam api untuk digunakan secara efektif dalam situasi darurat.

Nah, di dalam checklist tersebut akan diketahui kondisi terkini tabung APAR. Apakah tabung dalam kondisi baik-baik saja, atau ada kerusakan apa saja.

Jikalau ditemukan kerusakan, nanti juga dapat diketahui ada dimana kerusakan tersebut dan bisa segera dilakukan perbaikan.

Tapi, terkadang orang-orang malas untuk melakukan inspeksi, karena mungkin ada terlalu banyak tabung pemadam api.

Sehingga, harus melakukan checklist APAR satu-persatu dengan mencatatnya secara manual. Belum lagi harus merekap data untuk membuat laporan inspeksi.

Ingin Checklist Pemeliharaan APAR Jadi Lebih Mudah? Lakukan Secara Digital!

checklist pemeliharaan apar pakai hp

Di jaman yang semakin canggih ini, kamu sudah tidak perlu lagi repot-repot melakukan inspeksi menggunakan checklist pemeliharaan APAR manual.

Saat ini, sudah ada satu aplikasi yang sangat canggih dan akan mempermudahmu dalam melakukan inspeksi dan monitoring APAR secara digital. Jadi, kamu tidak perlu lagi berkeliling mencatat satu-persatu checklist di tabung APAR.

Jika kamu memiliki banyak tabung APAR dengan jumlah yang sangat banyak, pasti aplikasi ini akan sangat membantu dan menguntungkan. Ngomong-ngomong, Aplikasi apa itu?

Firecek, Aplikasi Sistem Proteksi Kebakaran No.1 Di Indonesia

checklist pemeriksaan apar

Firecek merupakan aplikasi khusus untuk alat pemadam api dan checklist pemeliharaan APAR secara digital.

Aplikasi canggih ini akan membantumu dalam melakukan monitoring, manajemen, dan melakukan inspeksi aset APAR yang Anda miliki.

Aplikasi Firecek juga memiliki beberapa fitur keren, seperti:

  • Bisa digunakan untuk menyimpan ratusan bahkan ribuan data APAR.
  • Dapat membuat agenda inspeksi dan checklist APAR digital.
  • Secara otomatis dapat membuat estimasi budget yang dibutuhkan ketika ada APAR yang perlu perbaikan/refill,¬†dan
  • Memberikan notifikasi ketika terjadi kerusakan APAR atau media yang sudah kadaluarsa.

Lalu, Bagaimana Jika Perusahaan Memiliki Banyak Cabang?

Tenang, Aplikasi checklist APAR ini memiliki fitur manajemen tabung pemadam untuk banyak cabang. Jadi, Anda bisa memantau semua aset APAR di banyak cabang hanya dengan satu admin saja.

Tidak hanya untuk tabung pemadam yang ada di ruangan saja, tepi APAR yang digunakan untuk kendaraan perusahaan kamu juga dapat dipantau melalui aplikasi ini.

Kemudian, cara menautkan APAR ke aplikasinya bagaimana? Cukup mudah, yaitu dengan cara scan QR Code yang tertempel di tabung APAR dan isi data/spesifikasi tabungnya. Ingin tahu lebih banyak? Cek video di bawah ini:

Pengen coba pakai Firecek? Beli QR-nya Disini

Dalam Checklist Pemeliharaan APAR, Apa yang Harus Diperhatikan?

Ketika sedang melakukan pemeriksaan, petugas yang melakukan pemeriksaan hendaknya memiliki acuan berupa ceklist APAR. Jadi, di dalam checklist tersebut berisikan hal-hal yang harus dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Kurang lebih, isi dari formulir tersebut seperti gambar di bawah ini:

Checklist Pemeliharaan APAR manual

Contoh formulir checklist pengecekan APAR menggunakan metode manual.

Jika kamu masih menggunakan checklist pemeliharaan APAR manual, biasanya akan berisikan kolom-kolom dan beberapa pertanyaan. Berikut merupakan kumpulan pertanyaan sesuai dengan standar untuk melakukan pemeriksaan APAR.

  • Apakah APAR ditempatkan di lokasi mudah dijangkau dan tidak ada penghalang?
  • Apakah APAR sudah dipasang pada area yang telah ditetapkan sebelumnya?
  • APAR yang Anda simpan dalam posisi digantung atau disimpan di penyimpanan khusus?
  • Apakah APAR yang Anda gantung di ketinggian tidak lebih dari 120 cm?
  • Apakah prosedur penggunaan APAR dapat dibaca dengan jelas?
  • Apakah tabung masih dalam keadaan baik?
  • Hose/selang pada APAR, Apakah masih dalam keadaan baik?
  • Apakah safety PIN juga dalam keadaan baik?
  • Bagian handle apakah masih dalam keadaan baik?
  • Apakah lubang selang normal dan tidak tertutup sesuatu?
  • Apakah indikator tekanan masih dalam posisi normal (di bagian warna hijau)?
  • Apakah berat APAR dalam kondisi normal/tidak semakin berat atau ringan dari berat awal?
  • Apakah kartu pemeriksaan APAR ada?
  • Dan lain sebagainnya.

Setelah mengisi pertanyaan-pertanyaan di atas, akan dilakukan evaluasi akhir. Apakah ada APAR yang rusak, apakah harus mengganti komponen, mengisi ulang media pemadam api, dan lain sebagainnya.

Namun, cara seperti itu sudah mulai ditinggalkan, karena akan menguras banyak waktu, terutama bagi yang memiliki banyak tabung APAR.

Inspeksi Menggunakan Checklist Pemeliharaan APAR Digital

ceklist apar digital

Ketika menggunakan aplikasi Firecek, semuanya akan jadi lebih praktis. Mengapa? Karena sudah tersedia pertanyaan-pertanyaan yang disebutkan di atas, sehingga kamu tinggal mengisinya saja melalui smartphone.

Beberapa komponen APAR yang wajib untuk dilakukan inspeksi adalah:

  • Tabung APAR,
  • Seal,
  • Hose,
  • Tuas APAR,
  • Nozzle,
  • Masa kadaluarsa media pemadam api,
  • Dan lain sebagainnya.

Jadi, cukup memeriksa dan menyesuaikan hasilnya kedalam pilihan menu kondisi tabung di dalam aplikasi, seperti:

  • Good (Bagus)
  • Corrosive (Korosif)
  • Leak¬† (Bocor)
  • Bent (Bengkok)
  • Broke (Rusak)

Dengan seperti itu, proses checklist APAR akan berjalan lebih mudah dan cepat.

Kemudian setelah semua data inspeksi terkumpul, nanti akan terlihat berapa perkiraan anggaran yang diperlukan untuk merawat APAR. Sehingga, kamu bisa dengan mudah menyiapkan biaya untuk perbaikan maupun pembelian komponen APAR yang baru.

Kapan Harus Melakukan Checklist Pemeriksaan APAR?

Checklist Pemeliharaan APAR optimal

Checklist pemeliharaan APAR sebaiknya dilakukan setidaknya 3-6 bulan sekali. Meskipun ada juga yang melakukan pemeriksaan rutin 1 tahun sekali.

Pokoknya, semakin rutin melakukan pemeliharaan tentu akan memberikan kondisi APAR yang siap siaga untuk mengatasi jika suatu saat terjadi kebakaran.

Kamu sudah tahu belum, bagaimana cara inspeksi APAR menggunakan aplikasi Firecek? Jika belum, tonton video berikut ini.

Bagaimana, sangat mudah dan menyenangkan, kan? Pokoknya kalau kamu beralih ke checklist APAR digital, semua akan menjadi efisien.

Sekarang, kamu sudah tidak perlu lagi repot-repot untuk mencetak/membeli kertas formulir checklist dan mencatatnya satu-persatu. Semua bisa dikendalikan hanya melalui smartphone saja menggunakan aplikasi gratis ini.

Di mana bisa mendapatkan aplikasi Firecek? Kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store maupun Apple Store, ya. Setelah itu, bisa beli sticker QR code Firecek melalui link yang sudah diberikan sebelumnya dan langsung isi data APAR kamu.

Sat .. set .. sat .. set .. Gak pakai lama, ratusah hingga ribuan tabung APAR dapat termonitoring di dalam satu aplikasi.

Yuk, mulai beralih ke checklist pemeliharaan APAR digital pakai Firecek. Dijamin, semua akan menjadi lebih mudah dan aman! Jika ada yang masih ingin ditanyakan, bisa langsung tulis pertanyaan di kolom komentar, ya!

Leave a Comment