Pemadam api ringan atau sering disingkat APAR adalah elemen penting dan utama dalam proteksi kebakaran pada tingkat awal. Alat ini biasa ditemukan pada fasilitas umum seperti perkantoran, gudang, rumah sakit dan sekolah. Sekarang bahkan juga mulai ramai digunakan pada skala yang lebih kecil seperti di rumah-rumah pribadi.

Dengan mulai banyaknya pengguna APAR, tentu banyak juga yang ingin tahu bagaimana cara untuk merawat APAR supaya kinerjanya tetap maksimal. Maka dari itu, kali ini para pembaca akan disuguhi info cara cek APAR CO2 yang akan diulas dalam artikel ini. Namun sebelum itu, ada baiknya untuk mengetahui jenis-jenis APAR terlebih dahulu.

 

Jenis-Jenis APAR dan Cara Cek APAR CO2

Cara Cek APAR CO2 Macam-macam Ukuran

Tentunya masing-masing media APAR punya perawatan berbeda, maka dari itu para pembaca perlu mengetahui bagaimana cara merawat APAR dengan media tertentu. Nah, artikel kali ini kebetulan akan membahas cara cek APAR CO2.

 

Bagaimana Cara Cek APAR CO2?

Seperti yang sudah dijabarkan tadi, pengecekan APAR berbeda-beda berdasar medianya. Cara cek APAR CO2-pun juga spesifik dan berbeda dari lainnya. Dengan tidak adanya pressure gauge pada APAR dengan media jenis CO2maka satu-satunya cara untuk melakukan pengecekan adalah dengan menimbangnya.

Langkah-langkah pengecekan APAR CO2:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek label yang ada pada tabung APAR CO2 untuk mengetahui berat normal tabung APAR tanpa muatan dan berat tabung APAR dalam kondisi baru beserta muatannya.
  2. Setelah mengetahui informasi tersebut, pembaca baru boleh melakukan langkah selanjutnya yaitu melakukan penimbangan. Tidak ada langkah khusus untuk menimbang tabung APAR, cukup dilakukan seperti menimbang benda lain.
  3. Setelah tabung ditimbang, langkah selanjutnya adalah mengetahui selisih antara berat tabung dengan muatan saat inspeksi dan tabung dengan muatan dalam kondisi baru. Jika selisih tersebut lebih dari 10%, maka harus segera diisi ulang.
  4. Pengisian ulang CO2 pada tabung APAR juga sebaiknya dilakukan oleh supplier dan teknisi yang terpercaya, supaya hasilnya maksimal dan tidak ada malfungsi yang terjadi pada tabung setelah diisi ulang.

 

Cara Cek APAR CO2 dan Pengecekan Komponen Tabung APAR

Cara Cek APAR CO2 dan Tabung APAR

Setelah berat muatan dipastikan dan diisi ulang jika diperlukan, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa komponen APAR.  Komponen tersebut meliputi:

Jika ada kerusakan pada komponen-komponen tersebut, maka harus segera diganti demi memberikan keamanan bagi pengguna. Jika semua dalam kondisi baik dan terawat, selanjutnya kita juga perlu untuk mengisi data pada label tabung sesuai pengecekan yang sudah kita lakukan.

Pengisian data bertujuan untuk mempermudah tracking pada saat perawatan berikutnya. Untuk mempermudah pencatatan tersedia aplikasi FIRECEK yang akan membantu para pembaca untuk melakukan pencatatan informasi detail APAR yang dimiliki.

Setelah itu barulah APAR bisa dikembalikan ke tempat penyimpanan semula. Perlu diingat juga untuk meletakannya di tempat yang mudah dijangkau dan aman.

Recommended Posts

Leave a Comment