In alat pemadam api

Box alat pemadam api ringan adalah salah satu kelengkapan dari APAR yang harus dimiliki para pengguna APAR. Fungsi utama dari box ini adalah sebagai tempat penyimpanan APAR. Box ini biasanya mudah ditemukan dibangunan seperti kantor, rumah sakit atau tempat publik pada umumnya. Lalu, apa saja manfaatnya dan bagaimana detail dari komponen ini? Silakan simak di bawah ini!

Box Alat Pemadam Api Ringan di Rumah Sakit

 

Box Alat Pemadam Api Ringan untuk Menjaga Kondisi APAR

Tidak bisa dipungkiri, tempat peletakan APAR dan suhu ruangan di sekitar APAR sangat mempengaruhi media yang tersimpan di dalam tabung APAR. Oleh sebab itu, para pembaca harus sangat berhati-hati dalam menyimpan APAR. Dengan sangat pentingnya penyimpanan dan penempatan APAR, maka dewasa ini dibuatlah box alat pemadama api ringan.

Box alat pemadam api ringan ini berfungsi untuk menyimpan APAR serta menjaga kondisi media pemadam api di dalam APAR agar tidak rusak sebelum memasuki masa kadaluarsa.

Box Alat Pemadam Api Ringan untuk Menjaga Kondisi APAR

Box APAR akan menjaga APAR dari bahaya cuaca ekstrim baik di dalam maupun luar ruangan. Mengingat, Indonesia yang memiliki iklim cukup ekstrim. Jadi jika APAR tidak dilindungi box APAR, dikhawatirkan komponen-komponen APAR akan cepat mengalami korosif karena paparan cuaca ekstrim.

Selain komponen APAR yang akan terkena korosif, media APAR-pun juga terancam. Misalnya, media dry chemical powder akan cepat mengalami penggumpalan dan tidak bisa dipakai. Hal ini tentunya akan merugikan para pengguna APAR.

 

Spesifikasi Box Alat Pemadam Api Ringan

Box APAR dilengkapi denga pintu penutup, namun menggunakan kaca yang bisa dipecahkan dengan mudah jika terjadi kebakaran. Jika pintunya terkunci, maka dalam keadaan darurat kaca bisa dipecahkan untuk mengambil APAR.

Selain itu, juga tersedia box APAR berbahan fiberglass (serat kaca). Biasanya box APAR jenis ini digunakan di tempat dengan kelembapan tinggi. Karena jika menggunakan besi pada area dengan kelembapan tinggi, dikhawatirkan box APAR akan cepat mengalami korosif.

Box Alat Pemadam Api Ringan Fiberglass

Dengan sangat pentingnya penyimpanan APAR, para pengguna APAR harus memiliki box APAR. Ini guna melindungi APAR dari cuaca ekstrim dan menjaga performa APAR. Selain itu, untuk menjaga performa APAR, para pengguna APAR juga disarankan untuk selalu melakukan inspeksi rutin.

Recommended Posts

Leave a Comment