Alat pemadam api ringan yang dirancang secara portable dikhususkan untuk penanganan kebakaran pada tahap awal. Namun, sudah tahukah para pembaca akan berat alat pemadam api ringan? Ternyata ada beberapa satuan berat tertentu yang tersedia di pasaran untuk alat pemadam api ringan atau sering disingkat APAR ini.

Dengan ukuran yang relatif kecil, APAR biasanya dipersiapkan di ruangan-ruangan seperti dapur, ruang kerja, kamar, dan lain sebagainya. Karena penggunaan APAR yang terkait dengan luas ruanggan, maka dalam memilih dan menyiapkan APAR pembaca tidak boleh sembarangan. Nah, di bawah ini akan disajikan detail dari berat APAR berdasar medianya.

 

Berat Alat Pemadam Api Ringan Berdasar Medianya

Meskipun para pembaca sudah mengetahui cara menggunakan APAR, namun untuk mengetahui kebutuhan APAR dalam suatu ruangan hal tersebut belum bisa jadi acuan. Analisa adalah hal yang terpenting. Analisa dengan melihat luas ruangan, jika ruangan cukup luas maka APAR yang dibutuhkan akan semakin berat.

Maka dari itu, mengetahui berat alat pemadam api ringan sangatlah penting jika akan melakukan analisa tersebut. Sesi di bawah ini akan membahas beberapa satuan berat APAR yang umum ditemukan di Indonesia.

Berat Alat Pemadam Api Ringan Media Powder

APAR dengan media jenis ini tersedia dengan satuan berat 1 kg, 2 kg, 4 kg, 6 kg, dan 9 kg. APAR dry chemical powder juga cocok digunakan untuk kelas kebakaran A, B dan C. APAR ini juga cocok digunakan di ruangan hotel, rumah dan gudang, tentunya dengan menyesuaikan luas ruangan yang akan diproteksi.

Berat Alat Pemadam Api Ringan Media CO2

APAR CO2 tersedia dalam satuan berat 2 kg, 3 kg dan 4,5 kg. Penggunaan APAR ini biasanya untuk kelas kebakaran jenis B dan C. APAR CO2 biasanya ditempatkan pada ruangan yang berpotensi terjadi kebakaran yang disebabkan dari arus pendek listrik maupun korsleting.

Berat Alat Pemadam Api Ringan Media Foam

Media APAR dengan foam dapat menjinakan api dengan mengeluarkan film air yang bisa memadamkan api dari kelas kebakaran A dan B. APAR ini tersedia hanya dalam dua satuan berat yaitu 6 kg dan 9 kg. APAR foam biasanya ditempatkan di dapur, restoran, dan juga industri minyak.

Itulah semua informasi mengenai berat APAR, bagi pembaca yang akan membeli APAR dan memasangnya, sebaiknya mengetahui satuan beratnya terlebih dahulu. Karena pembelian APAR juga harus menyesuaikan berat dan juga luas ruangan yang akan diproteksi.

Recommended Posts

Leave a Comment