APAR untuk rumah tangga sering kali masih menjadi hal yang tidak diperhatikan oleh masyarakat. Padahal, rumah sangat beresiko mengalami kebakaran, melihat dari potensi-potensi kebakaran yang bisa saja muncul dari benda-benda yang ada di dalam dan sekitar rumah. Oleh sebab itu, menyediakan APAR di rumah sangatlah penting.

Dengan banyaknya ruangan di dalam rumah yang mempunyai potensi kebakaran masing-masing. Maka, APAR harus dipersiapkan dengan baik, yaitu dengan cara disesuaikan dengan potensi kelas kebakaran yang akan terjadi di ruangan tersebut.

 

APAR untuk Rumah Tangga dengan Media Powder

Media powder adalah media yang sangat populer digunakan di berbagai tempat, mulai dari industri, rumah sakit, perkantoran, sekolah, hingga rumah. Media powder ini sangat terkenal karena cakupan kelas kebakarannya yang cukup luas. APAR powder bisa digunakan untuk memadamkan api dari kelas kebakaran A, B, C dan D.

APAR untuk Rumah Tangga dengan Media Powder

Penggunaan APAR powder untuk rumah tangga bisa digunakan hampir di semua ruangan di dalam rumah. Mulai dari ruangan kamar yang berpotensi mengalami kebakaran kelas A sampai garasi mobil yang mungkin mengalami kebakaran kelas B dan C. Pada umumnya penggunaan APAR powder untuk skala rumah tangga bisa menggunakan APAR dengan ukuran 3 kg sampai 5 kg.

 

APAR untuk Rumah Tangga Khusus Area Dapur

Area dapur adalah area yang sangat berpotensi mengalami kebakaran dibanding ruangan lain di dalam rumah. Di dapur banyak sekali bahan bakar pemicu kebakaran, misalnya minyak masak. Seiring perkembangan pencegahan kebakaran, nampaknya api yang terjadi di dapur tidak bisa dimasukkan ke dalam kelas kebakaran B, karena cairan pemicu kebakaran di dapur cukup unik dan berbeda.

Kebakaran di dapur biasanya diakibatkan oleh minyak goreng yang overheat yang akhirnya menimbulkan api yang disebut kelas kebakaran K. Maka, dirancanglah alat kebakaran K, APAR yang memiliki katup untuk menutup api yang besarnya masih sebesar penggorengan.

APAR untuk Rumah Tangga Khusus Area Dapur

APAR K menggunakan sistem saponifikasi, sebuah proses  yang akan mengubah minyak menjadi seperti sabun. Dalam proses saponifikasi api yang berasal dari minyak penggorengan bisa benar-benar didinginkan dan dipadamkan.

Maka, para pembaca harus teliti dalam mempersiapkan APAR di rumah. Kenali dulu potensi kebakarannya lalu pilih APAR dengan media yang pas. Setelah itu simpan APAR di tempat yang aman dan mudah diakses. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan inspeksi pada APAR menggunakan FIRECEK.

Recommended Posts

Leave a Comment