APAR untuk panel listrik harus benar-benar dipersiapkan dengan baik. Sama-sama kita ketahui bahwa ruangan panel listrik sangat besar potensinya untuk mengalami kebakaran. Misalnya, jika ada malfungsi pada alat listrik atau naik turun tegangan yang mengakibatkan konsleting. Jika tidak disiapkan APAR yang tepat, maka bisa fatal akibatnya.

 

Potensi Kebakaran APAR untuk Panel Listrik

Dalam ruangan panel listrik sangat mungkin terjadi kebakaran yang disebabkan oleh masalah elektrikal. Seperti misalnya arus pendek listrik, konsleting atau arus lonjakan arus listrik dapat memicu kebakaran. Belum lagi jika terjadi malfungsi pada alat listrik dan human error, potensi kebakarannya sangat luas. Maka dari itu, mempersiapkan APAR untuk ruangan ini sangat perlu.

APAR untuk Panel Listrik dan Potensi Kebakarannya

Mempersiapkan APAR harus disesuaikan dengan media dan potensi kebakarannya. Dengan melihat kelas-kelas kebakaran yang ada, kebakaran yang disebabkan masalah elektrikal termasuk ke dalam kelas kebakaran C. Maka, para pembaca harus mempersiapkan APAR sesuai dengan kelas kebakaran C.

 

Apa Saja Media APAR untuk Panel Listrik yang Cocok?

Media pemadam api dan kelas kebakaran yang memiliki keterkaitan harus selalu diperhatikan. Karena tidak semua media pemadam api cocok untuk memadamkan kelas kebakaran tertentu. Maka, silakan perhatikan daftar media yang bisa digunakan untuk memadamkan kelas kebakaran C di bawah ini:

APAR untuk Panel Listrik Media CO2

APAR CO2 ini memiliki sifat non-konduktor yang sangat aman untuk digunakan memadamkan api karena masalah elektrikal. Selain itu, APAR CO2 yang termasuk APAR clean agent (tidak meninggalkan residu saat digunakan) yang akan mempercepat masa downtime pasca kebakaran dan juga tidak akan meninggalkan kotoran yang dapat menjadikan panel listrik korosif atau rusak.

  • APAR halon dan media penggantinya

APAR untuk Panel Listrik Media HFC-227

APAR  halon dan alternatif penggantinya memiliki karakteristik yang sama. Kedua APAR ini berbentuk gas dan bersifat non-konduktor, yang berarti tidak akan menghantarkan arus listrik. Selain itu, sifatnya yang clean agent juga sangat menguntungkan.

Namun sayangnya APAR halon sudah dilarang beredar karena dapat merusak ozon. Oleh karena itu, hadirlah APAR alternatif halon dengan karakteristik yang sama, namun lebih ramah lingkungan.

APAR untuk Panel Listrik Media Powder

APAR dry chemical powder benar-benar luas penggunaanya yaitu untuk kelas kebakaran A, B dan C. Namun, jika akan digunakan di ruangan penuh dengan panel listrik dikhawatirkan dapat meninggalkan residu yang akan memicu kerusakan alat elektronik, jika tidak segera dibersihkan.

Nah, dengan pentingnya ketersediaan APAR di ruangan panel listrik, maka para pembaca harus segera melengkapi ruangan tersebut dengan APAR. Cek distributor dan supplier APAR terpercaya di sini!

Recommended Posts

Leave a Comment