APAR kelas B adalah jenis APAR dengan media pemadam api yang bisa menangani api dari kelas kebakaran B. Sebelum membahas media pemadam api B, ada baiknya para pembaca mengetahui informasi singkat mengenai kelas kebakaran B terlebih dahulu.

Kelas kebakaran B adalah kelas kebakaran yang disebabkan oleh benda cair mudah terbakar. Saat bahan bakar cair tersebut bereaksi dengan elemen dalam segitiga api, maka api akan muncul. Contoh dari bahan cair mudah terbakar adalah bensin, alkohol, methanol, thinner dan sebagainya. Biasanya benda-benda tersebut mudah ditemukan di depo pengisian bahan bakar, industri dan laboratorium.

 

APAR Kelas B Bermedia Foam dan Cair

APAR Kelas B Foam dan Cair

Media foam dan cair memiliki bahan utama yang sama yaitu air, namun bedanya media foam ditambah dengan biang busa untuk menghasilkan busa pemadam api. Kedua media ini dikenal sangat efektif untuk memadamkan kelas kebakaran B, karena kedua media ini dapat mendinginkan titik api dengan sempurna. Sehingga api dari bahan cair mudah terbakar dapat diatasi dengan cepat.

 

Media Powder APAR Kelas B

APAR Kelas B dengan Media Powder

Media powder sangat luas sekali penggunaannya. Media ini dapat memadamkan api hampir di semua kelas kebakaran, termasuk kelas kebakaran B. Media powder atau serbuk kimia bekerja dengan cara menyelimuti sumber kebakaran. Sehingga kontak antara api dengan oksigen akan terputus dan api dengan cepat akan padam.

 

APAR Kelas B dengan Media CO2

Selain media foam, cair dan powder masih ada satu media lagi yang digunakan untuk memadamkan kelas kebakaran B, yaitu media pemadam api CO2. Media pemadam api CO2 adalah gas karbondioksida yang digunakan untuk memadamkan api. Cakupan kelas kebakaran yang bisa ditangani media ini adalah kelas kebakaran B dan juga C.

APAR Kelas B Media CO2

Media ini bekerja dengan cara menghilangkan unsur oksigen pada sumber kebakaran. Saat disemprotkan ke titik api, CO2 akan mengurangi kadar oksigen dalam udara, sehingga api akan padam. Media ini juga sangat terkenal dengan sifat clean agent-nya. Clean agent dimaksudkan saat medianya digunakan tidak akan meninggalkan residu pada area kebakaran.

Setelah mengetahui APAR apa saja yang bisa memadamkan kelas kebakaran B, dihimbau Anda dapat menggunakan media APAR yang tepat untuk kelas kebakaran B. Ingat, media yang tidak sesuai dengan kelas kebakaran yang akan dipadamkan dapat berakibat fatal. Jadi pastikan APAR yang para pembaca gunakan sudah tepat dengan kelas kebakaran yang akan dipadamkan.

Recommended Posts

Leave a Comment