Seperti yang sudah para pembaca ketahui, bahwa masing-masing media pemadam api memiliki kemampuan dalam memadamkan api kelas kebakaran tertentu. Misalnya kelas kebakaran A, tentu APAR kelas A saja yang dapat memadamkan kelas kebakaran tersebut. Kebetulan di artikel ini akan dibahas secara spesifik apa saja media pemadam api yang bisa memadamkan kelas kebakaran A.

Sebelum mengetahui APAR apa saja yang bisa digunakan untuk memadamkan kelas kebakaran A, ada baiknya para pembaca mengetahui apa itu kelas kebakaran A. Kelas kebakaran A adalah kelas kebakaran yang disebabkan oleh bahan bakar (salah satu elemen dalam segitiga api) padat. Bahan bakar padat tersebut misalnya kertas, sampah kering, kayu dan sebagainya.

 

APAR Kelas A Media Foam dan Cair

APAR Kelas A Media Foam

Media foam dan cair sama-sama terbuat dari bahan liquid atau air. Kedua media ini sangat pas digunakan untuk memadamkan kelas kebakaran A. Karena kedua media ini dapat meresap ke dalam bahan bakar dan mendinginkan titik api. Sehingga kebakaran bisa dipadamkan dengan sempurna. Selain efektif memadamkan api kelas A, kedua media ini juga efektif digunakan di kelas kebakaran B.

 

Powder Sebagai Media APAR Kelas A

Media pemadam api powder adalah salah satu media pemadam api yang sering digunakan di banyak tempat. Media powder sering digunakan karena rentang cakupan kelas kebakarannya yang bisa dipadamkan cukup banyak. Salah satu kelas kebakaran tersebut adalah kelas kebakaran A. Di samping itu, media ini juga efektif untuk memadamkan api kelas kebakaran B, C dan D.

APAR Kelas A Media Powder

Media powder bekerja dengan menutup kontak antara api pada sumber kebakaran dengan oksigen. Jadi, saat disemprotkan ke titik api, powder akan menutupi area kebakaran dan akan membuat api padam. Hal ini terjadi karena oksigen tidak bisa bereaksi dengan titik api untuk melakukan oksidasi.

Setelah mengetahui apa saja APAR yang bisa digunakan pada kelas kebakaran A, diharap para pembaca bisa menggunakan APAR dengan media tersebut secara tepat. Karena jika salah menggunakan media untuk memadamkan kelas kebakaran tertentu, dampaknya bisa fatal. Lalu, dihimbau juga bagi para pengguna APAR untuk selalu melakukan inspeksi APAR dan merawatnya.

Recommended Posts

Leave a Comment