APAR clean agent mungkin masih menjadi hal yang tidak terlalu banyak diketahui oleh masyarakat. Namun, sebenarnya beberapa jenis APAR clean agent sudah banyak dan luas digunakan oleh masyarakat. Lalu, apa sebenarnya APAR clean agent? Apa keuntungan dari menggunakan APAR jenis ini dan apa saja media pemadam api yang termasuk dalam jenis ini?

Sebenarnya alat pemadam api clean agent adalah alat pemadam api yang media pemadam apinya tidak menyisakan bekas atau residu saat digunakan. Hal ini sangat menguntungkan bagi para pegguna APAR, karena proses downtime pasca kebakaran bisa lebih singkat, sebab tidak perlu membersihkan residu APAR.

 

APAR Clean Agent CO2

Salah satu media clean agent yang sudah cukup dikenal adalah APAR CO2. APAR CO2 ini tidak meninggalkan bekas dan residu ketika digunakan, maka termasuk clean agent. APAR CO2 sangat efektif dan aman untuk digunakan memadamkan api dari kelas kebakaran C yang disebabkan oleh masalah elektrikal.

APAR Clean Agent CO2

Karena jika APAR yang digunakan untuk memadamkan kelas kebakaran C meninggalkan residu pada alat elektronik atau ruangan penuh alat elektronik, dikhawatirkan residunya akan menyebabkan gangguan pada alat elektronik.

 

APAR Clean Agent Halon

Halon atau sering juga disebut bromochlorofluoromethane BCF adalah salah satu media clean agent yang digunakan untuk memadamkan api. APAR halon bisa digunakan untuk menangani kelas kebakaran B dan C. Namun, halon lebih sering digunakan untuk memadamkan api kelas kebakaran C (elektrikal) di ruang panel listrik, karena sifat clean agent dan non-konduktor media halon yang aman bagi kebakaran eektrikal.

Cara kerja dari media halon adalah dengan cara menutupi kontak antara api dan oskigen. Sehingga proses segitiga api terhenti dan api dapat dipadamkan. Namun, sayangnya APAR halon dilarang penggunaannya, karena mengandung CFC yang membahayakan ozon. Sekarang APAR halon diganti dengan APAR HCFC atau HFC.

 

APAR Clean Agent HCFC

APAR HCFC atau HFC juga sama dengan APAR halon, sama-sama memiliki sifat clean agent dan non-konduktor. Kelas kebakaran yang bisa dipamdamkannyapun sama yaitu kelas B dan C, cara kerjanyapun sama. Namun, bedanya APAR HCFC adalah APAR ramah lingkungan yang tidak membahayakan ozon saat digunakan.

APAR Clean Agent HCFC

Nah, dengan mengetahui sifat dari masing-masing media APAR, para pembaca tentu bisa mengetahui apa saja keuntungan menggunakan APAR tersebut. Salah satunya, keuntungan menggunakan APAR clean agent ini.

Recommended Posts

Leave a Comment