Apa Sih yang Dimaksud dengan APAR Clean Agent? Baca Disini!

Pernah dengar tentang APAR clean agent tapi belum tahu persis apa itu? Jangan khawatir, kamu nggak sendirian. Banyak orang masih bingung dengan istilah ini, padahal APAR AF11 clean agent bisa jadi pahlawan penyelamat saat terjadi kebakaran.

Nah, artikel ini akan membahas semua yang perlu kamu ketahui tentang jenis APAR satu ini, mulai dari pengertian, cara kerja, hingga keunggulannya. Jadi, simak terus, ya, supaya kamu bisa lebih paham dan siap melindungi dari bahaya kebakaran dengan alat pemadam yang satu ini.

Harus Tahu! Inilah Pengertian dan Cara Kerja APAR Clean Agent

apar clean agent clean agent liquid gas APAR AF11 clean agent adalah jenis alat pemadam yang menggunakan bahan kimia gas atau cairan yang bisa berubah menjadi gas untuk memadamkan api. Berbeda dengan jenis APAR konvensional, APAR AF11 clean agent memiliki rancangan khusus untuk memadamkan api tanpa meninggalkan residu yang bersifat korosif.

Sehingga, jenis APAR ini sangat ideal kamu gunakan di tempat-tempat yang memiliki peralatan sensitif, seperti data center, ruang server atau laboratorium. Dengan menggunakan APAR ini, kamu tidak perlu khawatir akan kerusakan tambahan yang mungkin terjadi akibat pemadaman api.

Lalu, bagaimana cara kerja APAR clean agent? APAR ini bekerja dengan cara mengeliminasi salah satu elemen dari segitiga api (panas, oksigen, atau bahan bakar). Kebanyakan APAR AF11 berfungsi dengan menurunkan suhu api atau mengurangi konsentrasi oksigen di area kebakaran, sehingga api tidak dapat terus membakar.

Ketika alat pemadam api clean agent kamu aktifkan, bahan kimia di dalamnya akan terlepas dalam bentuk gas yang akan menyebar ke seluruh area kebakaran. Karena gas, bahan ini bisa menjangkau tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh air atau busa, seperti celah-celah kecil di dalam peralatan elektronik.

Gas dari APAR clean agent akan menyerap panas dari api, menurunkan suhu hingga ke titik di mana api tidak bisa bertahan. Selain itu, beberapa jenis bahan clean agent juga bekerja dengan cara mengisolasi oksigen dari api, memutus suplai oksigen yang api butuhkan untuk terus menyala.

Memang, Apa Saja Sih Jenis Media APAR AF11 Clean Agent?

harga APAR clean agent toko apar surabayaAlat pemadam api clean agent ini memiliki beberapa jenis media yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lingkunganmu. Nah, biar kamu tidak penasaran terus, yuk simak penjelasan detailnya berikut ini!

1. HFC-227ea (Heptafluoropropane)

HFC-227ea adalah salah satu bahan paling umum yang digunakan dalam alat pemadam api clean agent. Pasalnya, media ini sangat efektif memadamkan api dengan cara mengganggu reaksi kimia pembakaran, sehingga api dengan cepat padam.

Keunggulannya adalah tidak meninggalkan residu sehingga sangat cocok untuk kamu gunakan di ruangan yang memiliki peralatan elektronik dan data center. Jenis APAR clean agent HFC-227ea juga aman kamu gunakan di lingkungan yang dihuni manusia, asalkan dalam konsentrasi yang tepat.

2. HFC-236fa (Hexafluoropropane)

Selain HFC-227ea, ada juga HFC-236fa sebuah jenis media pemadam api yang tidak meninggalkan residu yang sering digunakan dalam APAR AF11. Media ini memiliki sifat pemadaman yang mirip dengan HFC-227ea namun dengan efisiensi yang sedikit lebih tinggi dalam beberapa aplikasi.

Selain itu, HFC-236fa juga tidak merusak ozon, sehingga lebih ramah lingkungan jika kamu bandingkan dengan bahan pemadam tradisional seperti halon. Jenis media APAR ini bisa kamu gunakan di fasilitas industri dan laboratorium yang memerlukan perlindungan ekstra tanpa risiko kerusakan pada peralatan.

3. Jenis APAR Clean Agent Media Novec 1230

Novec 1230 adalah media pemadam api yang dikembangkan sebagai alternatif ramah lingkungan untuk pengganti bahan media halon. Jenis media tabung pemadam kebakaran ini mampu memadamkan api dengan cara menyerap panas dan menghentikan reaksi pembakaran.

Novec 1230 sangat ideal untuk kamu gunakan di ruangan yang berisi barang-barang berharga dan dokumen penting karena tidak meninggalkan residu. Selain itu, Novec 1230 memiliki potensi pemanasan global yang sangat rendah, membuatnya menjadi pilihan yang lebih berkelanjutan.

4. FM-200 (HFC-227ea)

FM-200 sebenarnya adalah merek dagang untuk HFC-227ea bekerja dengan cepat memadamkan api melalui mekanisme fisik dan kimia tanpa merusak peralatan elektronik. Media ini banyak digunakan di berbagai industri, termasuk telekomunikasi, farmasi, dan museum, di mana perlindungan aset berharga menjadi prioritas utama.

5. Jenis APAR Clean Agent Media IG-541 (Inergen)

Terkahir, IG-541 yang merupakan media pemadam api hasil campuran gas inert yang terdiri dari nitrogen, argon, dan karbon dioksida. Media ini memiliki kemampuan memadamkan api dengan cara mengurangi konsentrasi oksigen di sekitar api hingga titik di mana pembakaran tidak dapat berlangsung.

Media alat pemadam api clean agent IG-541 ini sangat aman kamu gunakan di area yang terdapat penghuni karena tidak menimbulkan efek berbahaya. Untuk pengaplikasiannya, jenis media APAR AF11 clean agent ini cocok untuk ruang arsip, perpustakaan, dan area penyimpanan data.

Wow, Keren! Ini Dia Keunggulan APAR Clean Agent yang Harus Kamu Tahu!

jual apar af11 harga APAR AF11 clean agentSelain cara kerjanya yang ampuh serta tidak meninggalkan residu, ternyata alat pemadam api clean agent ini juga memiliki banyak keunggulan loh! Kamu mau tahu apa saja keunggulannya? Berikut penjelasannya!

1. Tidak Merusak Peralatan

Salah satu keunggulan utama APAR AF11 adalah kemampuannya untuk memadamkan api tanpa merusak peralatan elektronik atau berharga lainnya. Hal ini sangat penting di lingkungan seperti data center, atau laboratorium, di mana peralatan mahal dan data penting perlu kamu lindungi.

2. APAR Clean Agent Ramah Lingkungan

Bahan pemadam yang digunakan, seperti halokarbon atau gas inert, tidak merusak ozon dan memiliki potensi pemanasan global rendah. Jadi, kamu tidak hanya menjaga keamanan, tetapi juga ikut serta dalam pelestarian lingkungan.

3. Aman untuk Manusia

Bahan pemadam yang digunakan dalam APAR AF11 sangat aman untuk manusia ketika kamu gunakan dalam kondisi darurat. Hal ini membuat APAR AF11 menjadi pilihan ideal untuk tempat-tempat, seperti gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan fasilitas publik lainnya.

4. APAR Clean Agent Efektif dan Cepat

Jenis APAR ini sangat efektif dalam memadamkan berbagai jenis kebakaran, termasuk kebakaran kelas A (bahan padat), kelas B (cairan mudah terbakar), dan kelas C (gas). Kecepatan pemadaman juga menjadi keunggulan karena bahan clean agent bekerja dengan memutus reaksi kimia api dengan cepat.

5. Tidak Meninggalkan Residu

Setelah kamu gunakan, APAR AF11 ini tidak meninggalkan residu atau kotoran, sehingga membuat proses pemulihan pasca-kebakaran jadi lebih mudah dan cepat.

6.  untuk Berbagai Lingkungan

Karena keamanannya terhadap peralatan elektronik dan manusia, alat pemadam api clean agent cocok kamu gunakan di berbagai lingkungan termasuk perkantoran, laboratorium, rumah sakit, pusat data, dan area industri.

Mau Beli? Yuk, Ikuti Tips Memilih APAR Clean Agent yang Pas untuk Kebutuhanmu!

toko APAR terdekat harga alat pemadam api clean agentMemilih alat pemadam api clean agent memang bisa jadi tugas yang membingungkan, terutama dengan banyaknya pilihan yang ada di pasaran. Tapi jangan khawatir, kami punya beberapa tips praktis yang bisa membantumu memilih jenis APAR AF11 yang paling pas untuk kebutuhanmu. Yuk, simak tips berikut ini!

1. Pahami Jenis yang Kamu Sesuai

Halocarbon seperti HFC-227ea sangat efektif untuk area dengan peralatan elektronik karena tidak meninggalkan residu. Sementara itu, Inert Gas seperti argon atau nitrogen bagus untuk ruangan tertutup karena aman bagi manusia dan lingkungan.

2. Sesuaikan dengan Ukuran Ruangan

Pastikan kamu memilih APAR clean agent dengan kapasitas yang sesuai dengan ukuran ruangan. Karena, untuk ruangan besar, kamu mungkin membutuhkan APAR dengan kapasitas yang lebih besar atau lebih dari satu unit.

3. Perhatikan Sertifikasi dan Standar

Pilih APAR AF11 yang memiliki sertifikasi dan memenuhi standar keselamatan internasional seperti lab damkar, SNI, atau standar internasional. Pasalnya, sertifikasi ini menjamin bahwa APAR telah melalui pengujian ketat dan memenuhi persyaratan keselamatan yang berlaku.

4. Pertimbangkan Merek dan Reputasi

Beli APAR dari merek yang sudah terkenal dan memiliki reputasi baik di pasaran. Merek yang terpercaya biasanya menawarkan produk yang lebih berkualitas dan layanan purna jual yang baik.

5. Cek Garansi dan Layanan Purna Jual

Pilih APAR clean agent yang menawarkan garansi dan memiliki layanan purna jual yang baik. Ini penting untuk memastikan kamu mendapatkan dukungan jika ada masalah dengan APAR yang kamu beli.

Butuh yang Pasti Kualitas dan Keandalannya? Pakai APAR AF11 FireFix dan GuardALL

apar clean agent jenis alat pemadam api clean agentHai kamu! Sedang mencari APAR yang kualitas dan keandalannya terjamin? Kamu berada di tempat yang tepat. Kenalkan, dua pilihan APAR terbaik dari FireFix dan GuardALL yang siap memberikan perlindungan maksimal untukmu.

1. APAR AF11 Clean Agent FireFix

  • FireFix bukan sekedar APAR biasa, karena telah melalui pengujian ketat dan mendapatkan sertifikasi LAB-DAMKAR-DKI-NO. 11/LHU/I/2020.
  • Garansi resmi selama 5 tahun.
  • Media Bisa Isi Ulang
  • Tabung APAR AF11 FireFix terhubung dengan aplikasi Firecek yang memudahkan kamu untuk memeriksa kondisi dan masa berlaku APAR secara berkala.

Lihat Produknya Disini

2. APAR Clean Agent GuardALL

  • APAR GuardALL ini telah mendapatkan sertifikasi CE dari Uni Eropa, yang menjamin produk ini memenuhi standar keselamatan dan kesehatan yang ketat.
  • Alat pemadam api clean agent GuardALL juga telah teruji di laboratorium pemadam kebakaran dengan nomor sertifikat LAB-DAMKAR-DKI-NO. 46/LHU/VI/2018.
  • Garansi resmi 5 tahun.
  • Terkoneksi aplikasi Firecek yang memungkinkan pemantauan kondisi APAR kamu secara real-time, memastikan APAR selalu dalam kondisi optimal.

Lihat Produknya Disini

Dengan FireFix dan GuardALL, kamu mendapatkan APAR clean agent dengan kualitas dan keandalan yang sudah terbukti. Jadi, tunggu apa lagi? Pilih yang terbaik dan pastikan keamanan dengan APAR AF11 FireFix dan GuardALL sekarang juga! Jika kamu butuh informasi lebih lanjut bisa hubungi kami!

Leave a Comment