In alat pemadam api

Sekarang sudah banyak gedung dan rumah-rumah pribadi yang menggunakan alat pemadam api sebagai bagian dari sistem keselamatan. Dengan semakin banyaknya penggunaan APAR, tentunya para pembaca harus tahu juga mengenai macam-macam APAR, semisal alat pemadam api CO2.

Alat pemadam api CO2 adalah alat pemadam yang menggunakan media CO2 untuk memadamkan api. Senyawa CO2 (1 atom karbon dan 2 atom oksigen) memiliki sifat gas yang tidak bisa terbakar. Cara kerja media ini adalah menutup udara di sekitar sumber kebakaran yang akan memadamkan sumber api.

 

Alat Pemadam Api CO2 dan Kelas Kebakarannya

Alat pemadam api yang menggunakan media CO2 ini sangat cocok digunakan untuk kelas kebakaran B dan C. Kelas kebakaran B berasal dari benda cair mudah terbakar seperti bensin, minyak tanah, alkohol, dan lain lain. Sedangkan kelas kebakaran C disebabkan oleh masalah-masalah elektrikal seperti arus pendek ataupun konsleting.

Alat Pemadam Api CO2 dan Kelas Kebakarannya

Alat pemadam api CO2 bersifat clean agent (tidak meninggalkan residu setelah digunakan) membuat APAR jenis ini aman untuk digunakan di ruangan penuh dengan alat elektronik. APAR media CO2 juga aman digunakan untuk memproteksi ruangan dengan benda-benda sensitif seperti di laboratorium atau ruang arsip.

 

Pengaplikasian Alat Pemadam Api CO2

Saat mengaplikasikan alat pemadam api dengan media CO2, para pembaca dihimbau untuk mengunakan masker pernafasan (breathing apparatus). Penggunaan masker tersebut digunakan untuk mencegah pengguna APAR CO2 menghirup CO2, karena akan berdampak buruk bagi pengguna, apalagi yang menderita penyakit asma.

Alat Pemadam Api CO2 dan Pengaplikasiannya

Dalam menggunakan APAR CO2, para pembaca juga harus memperhatikan sirkulasi udara di ruangan tersebut. Karena jika sirkulasi udara tidak baik, dikhawatirkan CO2 akan terlalu banyak dalam ruangan tersebut dan menyebabkan masalah pada pernafasan. Disarankan juga untuk tidak menggunakan APAR CO2 di ruangan yang sempit.

Ketika akan melakukan penyemprotan pada sumber kebakaran, pastikan juga tidak ada orang dan hewan yang kemungkinan bisa terkena media ini. Media CO2 dikeluarkan dalam keadaan sangat dingin yaitu pada -50 derajat Celcius. Hal tersebut dikhawatirkan bisa membuat saraf-saraf pada tubuh manusia dan hewan membeku.

Setelah dijabarkan semua informasi tentang APAR CO2, diharap para pembaca bisa mengaplikasikan APAR CO2 dengan baik dan benar. Para pembaca juga bisa menyesuaikan kelas kebakaran apa saja yang bisa dipadamkan dengan alat pemadam api bermedia CO2 ini. Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan APAR dan pengecekan kartu APAR dengan bantuan FIRECEK.

Recommended Posts

Leave a Comment